Bukalapak Gelar Program dan Inovasi Dukung UMKM Lokal

mitra bukalapak

Salah seorang mitra warung Bukalapak. (Foto: istimewa)

youngster.id - Pandemi saat ini tidak dimungkiri telah membuat dampak perlambatan di sektor ekonomi. Hal ini berpengaruh besar bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu, Bukalapak yang memasuki usia 11 tahun memperbanyak program untuk membantu pelaku UMKM lokal .

VP Marketplace Bukalapak, Kurnia Rosyada mengatakan, Bukalapak berkomitmen untuk mendukung pelaku UMKM lokal. Hal ini juga sejalan dengan misi Bukalapak yaitu ‘Fair Economy For All’. Dengan visi ini, Bukalapak ingin menjadi platform yang dapat mewadahi seluruh lapisah masyarakat.

“Sebagai rumah dari jutaan pelaku UMKM yang berdomisili di Indonesia dan menjual barang-barang buatan dalam negeri, kami ingin terus membantu para UMKM untuk memiliki kepercayaan diri, sekaligus daya saing yang sama dengan produk dari luar negeri,” tutur Kurnia dalam keterangan resmi Senin (28/2/2021).

Menurut Kurnia, sejumlah program juga sudah dijalankan Bukalapak. Seperti menciptakan kesempatan dan pilihan untuk pelaku UMKM mendapatkan akses yang sama terhadap modal, optimalisasi teknologi, serta pemanfaatan infrastruktur hanya dari satu aplikasi.

Berbagai inovasi juga telah dilakukan Bukalapak untuk terus mendukung penuh UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Diantaranya Fee Super Seller Terendah, Kontes Pelapak Indonesia, Digitalisasi Warung, dan Warung Naik Kelas.

“Kami percaya dengan usaha gotong royong dari berbagai pihak, produk dan UMKM lokal dapat terus meningkat daya saingnya, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di skala internasional,” tutur Kurnia menutup pernyataannya.

Di samping itu, toko resmi milik Bukalapak, BukaMall, mencatatkan pertumbuhan per bulan pada 2020 mencapai 17%. Capaian itu membuat BukaMall optimistis menghadapi 2021.

Pertumbuhan tersebut didapat karena semakin banyak merek-merek dagang baru yang bergabung dengan BukaMall.

Capaian itu sekaligus mencatatkan peningkatan 3,1 kali hingga 5,5 kali jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Seperti diketahui, sejauh ini Bukalapak mencatat 5 juta pelapak aktif di platform-nya. Dengan begitu, ke depan pihaknya akan mempermudah enterpreneur baru yang ingin bergabung.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version