Cirebon Jadi Pilot Project Desa Digital

Peresmian pilot project Desa Digital (Foto: Dok. Telkomsel/http:/youngsters.id)

youngster.id - Cirebon resmi menjadi kabupaten pertama sebagai Desa Digital dalam Elektronifikasi Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa.

Pilot Project Desa Digital yang diinisasi oleh Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Pusat, Daerah, dan Desa, merupakan bagian dari implementasi program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan keuangan inklusif melalui Layanan Keuangan Digital (LKD).

Selain Cirebon, dalam waktu dekat Pilot Project Desa Digital juga akan dilaksanakan di empat wilayah lainnya, yaitu Kepulauan Mentawai, Gunung Kidul, Lombok Timur, dan Raja Ampat.

Bersamaan dengan Kick-Off Pilot Project Desa Digital, juga diadakan kegiatan sosialisasi layanan VPN Wireless kepada sekitar 47 BPR/S yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon.

Telkomsel dipercaya BI sebagai operator penyedia jasa layanan VPN Wireless guna pengkinian akses pengelolaan aplikasi laporan yang melalui Jaringan Komunikasi Data (JKD) Ekstranet Bank Indonesia yang akan diterapkan di jaringan Bank Perkreditan Rakyat/ Syariah (BPR/S) untuk sejumlah wilayah di Indonesia.

Telkomsel juga menyediakan solusi layanan komunikasi korporasi berupa My Group Data dan Web2SMS kepada Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) wilayah 3 Cirebon.

Peran utama Telkomsel dalam Pilot Project Desa Digital tahap awal di Desa Sindangjawa Cirebon ini adalah memfasilitasi tersedianya jaringan yang stabil dan luas untuk penggunaan mesin EDC yang akan memberikan kemudahan transaksi pembayaran dalam pemanfaatan dana desa dan transaksi non-tunai di desa.

Telkomsel menjamin kenyamanan pelaksanaan transaksi pembayaran, baik dalam proses penyaluran maupun pemanfaatan dana desa, yang dilakukan melalui elektronikfikasi dapat berjalan lancar dengan dukungan jaringan Telkomsel sehingga menciptakan ekosistem layanan keuanganmobile yang terintegrasi yang bertujuan untuk mengakselerasi keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia

Exit mobile version