youngster.id - Social entrepeneurship atau kewirausahaan sosial menjadi satu langkah mencapai kesuksesan dengan menghadirkan solusi untuk permasalahan sosial dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Secara global, semangat ini selaras mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.
“Citibank memiliki kepedulian besar terhadap masa depan generasi muda Indonesia. Bersama PJI, lewat Youth Sociopreneur Initiative yang menargetkan pelajar SMA/SMK, kami berupaya menanamkan gagasan kewirausahaan segar, yakni social entrepreneurship, yang membawa manfaat berkelanjutan. Diharapkan para pelajar dapat memahami tidak hanya mengenai profit untuk diri mereka sendiri, namun juga bagaimana sebuah bisnis dapat memberi dampak positif bagi masyarakat luas,” papar Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia pada gelaran Sociopreneur Talks, Rabu (18/9/2019) di @america kawasan Pacific Place Sudirman Jakarta.
Digelar perdana pada 2014, Youth Sociopreneur Initiative telah sukses mengedukasi 46.912 pelajar dari 138 SMA dan SMK di enam kota di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya dan Denpasar. Sementara, khusus di 2019 saja, Citibank dan PJI berhasil menjalankan pendampingan kewirausahaan sosial kepada 9.115 pelajar dari 26 sekolah di 5 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar.
Melalui rangkaian aktivitas pembinaan, yaitu Youth Entrepreneur Camp, Indonesia Student Company Competition (ISCC) dan Sociopreneur Talks, para pelajar mendapatkan bimbingan untuk mendirikan serta mengoperasikan sebuah perusahaan (student company-SC).
Indonesia sendiri oleh Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018 memperlihatkan skor salah satu indikator kewirausahaan, yakni Product Innovation, yang mencapai 58%.
Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengatakan, hal ini semakin mendorong optimisme Citibank untuk semakin gencar merangkul kalangan muda negeri ini sebagai sociopreneurs.
“Kami meyakini kreativitas mereka tak kalah dibandingkan negara-negara lain. Terbukti, Indonesia menjadi rumah beberapa perusahaan kreatif rintisan terkemuka berbasis kewirausahaan sosial bertaraf global. Hal-hal seperti inilah yang ingin kami wadahi serta kembangkan,” imbuh Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki.
FAHRUL ANWAR