CompFest 2016 Jaring Tim IT Potensial

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia gelar Comfest8. (Foto: dok.comfest/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia kembali menggelar event IT tahunan mereka, Computer Festival (CompFest). Tahun ini, ComFest 8 mengusung tema “Step Up Indonesia’s IT Potentials for the Challenges of Tomorrow”.

Pendaftaran kompetisi Hackathon CompFest 8 telah dibuka sejak 1 Juli-30 Agustus 2016. Kompetisi ini terbuka untuk umum tanpa batasan umur dengan satu tim yang terdiri dari 2-3 orang. Anggota grup diperbolehkan berkebangsaan asing, namun setidaknya satu orang anggota tim wajib berkebangsaan Indonesia.

Lewat laman resmi FIK UI disebutkan, CompFest 8 akan menggelar kompetisi IT, pameran IT dengan teknologi terbaru yang dikemas dengan konsep gamifikasi, seminar mengenai berbagai macam topik terbaru IT, dan tentunya Internet of Things Academy dan Startup Academy. Kedua jenis akademi ini diadakan dengan tujuan mengedukasi peserta dalam mengembangkan produk Internet of Things Academy dan memecahkan masalah di Indonesia yang berkaitan dengan teknologi informasi untuk dikembangkan menjadi sebuah ide bisnis.Tak hanya itu, CompFest 8 juga menghadirkan serangkaian acara lain, sperti Business-IT Case, Capture the Flag, Competitive Programming Contest, Indie Game Ignite, dan Hackathon.

Hackathon merupakan kegiatan pengembangan proyek perangkat lunak. Untuk tahun ini, kompetisi Hackathon CompFest 8 mengusung tema “A Mission to Help SMEs”. Para peserta diminta membuat aplikasi dalam waktu 24 jam untuk menyelesaikan permasalahan UKM di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki idealisme untuk memajukan UKM Indonesia melalui teknologi, ini merupakan momen yang tepat untuk Anda ikut berpartisipasi.

Inovasi dan solusi yang ditawarkan oleh para peserta merupakan poin terpenting yang akan dinilai para juri. Tersedia uang tunai senilai Rp7 juta dan produk sponsor berupa layanan cloud senilai Rp7 juta bagi pemenang utama kompetisi ini. Praktisi dan pakar dalam bidang informasi dan teknologi akan dihadirkan dalam acara ini, baik sebagai pembicara maupun tim juri dari beberapa kompetisi yang diadakan. Bahkan, dalam sesi semina tahun lalu, CompFest menghadirkan pembicara langsung dari Google New York dan Google Mountain View, California.

Bagi Anda pemerhati, praktisi, dan pakar informasi teknologi yang tertarik dan ingin mencari tahu informasi lebih lanjut tentang CompFest 8, Anda bisa mengunjungi alamat berikut ini compfest.web.id/competition.

STEVY WIDIA