Creativia Kembangkan Metaverse Dalam Dunia Pendidikan

metaverse

Cara Baru Promosi Rokok: Lewat Metaverse, Advergames, dan NFT(Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Saat ini, tren teknologi metaverse dan blockchain sangat ramai dibicarakan. Blockchain merupakan salah satu teknologi yang dapat mewarnai infrastruktur metaverse yang memudahkan terjadinya transaksi bisnis dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Penerapan blockchain dalam metaverse memberikan peluang bisnis baru, menciptakan interaksi dunia maya, serta mampu membuat enterprise system menjadi lebih baik.

Untuk menjawab tantangan ini, pengembangan jaringan, aplikasi, dan perencanaan Edutrans (PT Transformasi Kampus Digital) menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan Networked Systems Laboratory (NS Lab) dalam pengembangan Creativia–sebuah platform Research dan Development Metaverse yang dapat digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan, penelitian, dan industri.

Nyoman Bogi Aditya Karna, Komisaris Edutrans menjelaskan bahwa Creativia ini akan diterapkan di Laboratorium Gametech FTE Telkom University, untuk pengembangan aplikasi yang terkait dengan pendidikan dan budaya di Indonesia.

“Saat ini Lab Gametech yang berfokus pada penelitian tentang GIS, Game, dan AR/VR, usai kerja sama ini sudah mendapat lisensi Creativia, dan kami berharap bisa mengembangkan metaverse di Indonesia untuk membantu kampus dan sekolah dalam penyediaan pembelajaran secara asinkron, online, interaktif, efisien, dan tentunya lebih menarik,” kata Bogi, Rabu (15/3/2023).

NS Lab merupakan perusahaan di bawah pusat riset dari Kumoh National Institute of Technology (eng.kumoh.ac.kr) Korea Selatan dengan nama ICT Convergence, yang melahirkan Creativia.

 

HENNI S.

Exit mobile version