youngster.id - Danau Toba Sumatera Utara merupakan satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) memiliki potensi yang sangat besar, termasuk dalam hal menghasilkan produk artisan dari UMKM. Sebagai perusahaan solusi teknologi finansial DANA turut mendorong percepatan transformasi digital UMKM/IKM di kawasan ini.
Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA mengatakan, sebagai perusahaan teknologi finansial yang berkomitmen menjadi katalisator bagi ekosistem ekonomi digital, DANA menyadari pentingnya partisipasi layanan aplikasi keuangan digital seperti DANA untuk menjadi motor penggerak di dalamnya.
““Untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM/IKM di kawasan Danau Toba, perlu upaya digitalisasi agar mampu berdaya saing dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Transformasi digital merupakan solusi, termasuk bagi UMKM/IKM, untuk bisa beradaptasi dengan berbagai dinamika di era disrupsi digital serta sejumlah tantangan baru akibat pandemi, sehingga bisnisnya tetap tumbuh berkelanjutan,” kata Agustina dalam keterangan pers, Kamis (25/2/2021).
Untuk itu, DANA menyelenggarakan ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tiga daerah, yaitu Toba, Samosir, dan Dairi. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 200 partisipan. DANA juga bekerja sama dengan Institut Teknologi Del untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM dan mengajarkan pula pentingnya digitalisasi untuk mahasiswa.
“Sesuai dengan komitmen DANA sebagai sahabat UMKM, kami mendukung inisiasi-inisiasi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan. Kami juga akan terus melanjutkan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pelaku industri, pemerintah daerah dan pusat, hingga kalangan pendidikan dan komunitas,” kata Agustina lagi.
Melalui kegiatan roadshow tersebut, DANA membantu para UMKM yang ingin terhubung dengan ekosistem digital untuk bergabung dalam DANA Bisnis agar dapat memanfaatkan kemudahan, keamanan, kenyamanan dan keunggulan dari fitur khusus untuk pelaku usaha tersebut. Saat ini, pengguna DANA Bisnis tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Pulau Sumatera, jumlah pengguna DANA Bisnis mencapai lebih dari 18.000 dan lebih dari 5.500 di antaranya berada di Sumatera Utara, termasuk UMKM di sekitar Danau Toba.
Selain itu, DANA juga menggelar ‘Masterclass UMKM Ekonomi Kreatif Digital’ yang merupakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM terpilih untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam berbisnis serta memperluas potensi jaringan di sekitarnya.
“DANA berharap seluruh kegiatan tersebut dapat mendukung misi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif lewat kampanye #BeliKreatifDanauToba dan mendorong digitalisasi UMKM di kawasan Danau Toba. DANA juga berkomitmen untuk terus bersinergi dengan semua pihak guna meningkatkan perekonomian setempat dan mempercepat digitalisasi di seluruh wilayah Indonesia,” tandas Agustina.
Kampanye #BeliKreatifDanauToba merupakan tindak lanjut dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia (BBI). Sepanjang 2020, BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM untuk bergabung dalam platform e-commerce dan terhubung dengan ekosistem ekonomi digital.
STEVY WIDIA