youngster.id - Nestlé DANCOW menggelar DANCOW Indonesia Cerdas. Ini adalah ajang kompetisi dan hiburan edukatif untuk anak-anak usia sekolah di Indonesia. Program ini menggabungkan pembelajaran akademis dan non-akademis melalui berbagai kegiatan interaktif yang menyenangkan ini dimulai pada Januari 2025, dengan peserta lebih dari 165 ribu siswa dari 1.000 sekolah yang tersebar di 23 kota di Indonesia.
Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Samer Chedid mengatakan, program ini bertujuan mendorong semangat belajar anak Indonesia, serta menginspirasi orang tua dan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, interaktif, dan berkualitas sejak usia dini.
“Komitmen kami terhadap kesejahteraan anak-anak tidak hanya sebatas produk-produk kami. Secara aktif, kami menghadirkan beragam program untuk memastikan bahwa anak-anak kita tumbuh kuat, sehat, dan siap mencapai potensi penuh mereka,” kata Chedid dikutip dari keterangan pers, Senin (14/4/2025).
Menurut dia, hal ini selaras dengan visi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia (Kemdikdasmen RI) tentang “Pendidikan Bermutu untuk Semua” serta Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang dicanangkan pemerintah sejak akhir 2024.
Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Minhajul Ngabidin mengapresiasi inisiatif Nestlé DANCOW bagi dunia pendidikan anak-anak Indonesia.
“Program ini menghadirkan pengalaman belajar edukatif yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak sekolah dasar di Indonesia, dan turut mendukung perkembangan softskill mereka sebagai pemimpin masa depan. Hal ini sejalan dengan visi kami untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk semua orang. Kami berharap program ini dapat semakin memotivasi anak-anak Indonesia untuk senantiasa bersemangat dalam belajar dan mengasah potensi diri, baik di bidang akademis maupun non-akademis” katanya.
Category Marketing Manager DANCOW Johanlie Aliffin mengatakan, ,elalui kompetisi dan acara edukatif ini, Nestlé DANCOW bertujuan untuk mendorong anak-anak mengasah kerja sama, kreativitas, pemecahan masalah, dan pengetahuan umum sesuai dengan basis kurikulum yang ada.
“Melalui inisiatif ini, kami juga mengajak mulai dari orang tua, tenaga pendidik, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk turut menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan penuh cinta bagi anak-anak,” ujarnya.
Program DANCOW Indonesia Cerdas dilaksanakan dalam tiga tahap seleksi, yakni tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan nasional (final). Saat ini, DANCOW Indonesia Cerdas memasuki tahap seleksi tingkat kabupaten/kota, di mana perwakilan dari 48 sekolah terdaftar akan berkompetisi dalam Lomba Cerdas Cermat yang dikemas dalam bentuk permainan yang dinamis untuk memperebutkan posisi juara 1, 2, dan 3.
Acara DANCOW Indonesia Cerdas dimulai di Jakarta dan akan berlanjut ke Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Manado, dan Medan. Selanjutnya, para pemenang dua besar dari masing-masing kabupaten/kota akan melanjutkan kompetisi ke tingkat nasional yang akan tayang di Indosiar dan Vidio.com mulai 5 Juli 2025 mendatang. Tahap final ini akan menampilkan 12 sekolah terbaik, yang akan disiarkan di saluran TV nasional dan layanan streaming, guna menginspirasi audiens yang lebih luas di seluruh pelosok Indonesia
STEVY WIDIA
Discussion about this post