Dapur Bersama GoFood, Upaya Mengakselerasi Bisnis UMKM Kuliner Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi lokasi Dapur Bersama GoFood di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - GoFood menghadirkan layanan Dapur Bersama untuk mendukung pelaku bisnis kuliner terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran dari Gojek. Sekitar 80% peserta Dapur Bersama GoFood adalah mitra skala UMKM.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menjelaskan, Gojek konsisten memberikan solusi yang paling lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru dan terus bertumbuh dengan memperluas pasar melalui proses digitalisasi. Mulai dari teknologi yang mempermudah manajemen operasional bisnis, layanan logistik dan pembayaran, hingga inovasi yang melampaui teknologi seperti pelatihan keterampilan dan fasilitas Dapur Bersama ini.

“Kami memberikan dukungan yang paling komprehensif kepada mitra UMKM yang merupakan bagian utama dari keluarga besar Gojek. Kami terus berupaya agar GoFood dapat terus menjadi mitra pertumbuhan andalan UMKM kuliner dengan menghadirkan inovasi menyeluruh yang tidak hanya membantu mereka mengembangkan bisnis lewat teknologi, namun juga menangkap peluang baru sesuai perubahan perilaku konsumen dan dinamika pasar,” kata Andre dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Menurut Andre Dapur Bersama GoFood ini untuk mendorong UMKM bisa lebih cepat bangkit, pengelolaan biaya operasional (opex) harus lebih efisien. “Lewat Dapur Bersama GoFood dapat membantu menekan berbagai pengeluaran seperti biaya sewa dan ekspansi, serta beban infrastruktur,” ujarnya.

Fasilitas Dapur Bersama GoFood memberikan berbagai manfaat bagi mitra UMKM, antara lain mengurangi biaya sewa dan beban infrastruktur, mengurangi biaya operasional, serta ekspansi bisnis minim modal dan risiko.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2019, Dapur Bersama GoFood kini beroperasi di 27 lokasi di 3 wilayah di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, dan Medan). Kapasitas saat ini telah mencapai sekitar 250 outlet usaha kuliner.

Langkah ini mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. “Kami senantiasa menghimbau rekan-rekan UMKM untuk beradaptasi dengan cepat dan berinovasi supaya tetap berdaya saing tinggi, sesuai perubahan tuntutan pasar pasar. Untuk UMKM kuliner di Indonesia, layanan Dapur Bersama GoFood ini menjawab kebutuhan adaptasi, sekaligus mempersiapkan UMKM untuk naik kelas dan berdaya saing tinggi. Saya mengapresiasi dan mendukung pengembangan model bisnis ini, sehingga lebih banyak UMKM yang dapat bertumbuh bersama,” katanya.

Menurut Teten layanan Dapur Bersama selaras dengan visi dan konsep Rumah Produksi Bersama yang digagas oleh Kemenkop UKM. Kemenkop UKM RI juga mengapresiasi inovasi lainnya dari Gojek yang menumbuhkembangkan UMKM, yaitu GoFresh, layanan marketplace yang lebih mudah menghubungkan berbagai UMKM pemasok bahan baku makanan dengan pembeli.

Sebagai bentuk kolaborasi erat antara GoFood dan Kemenkop UKM RI, anggota koperasi binaan Kemenkop UKM RI akan segera bergabung di GoFresh untuk mendukung kebutuhan bahan baku makanan di Dapur Bersama.

STEVY WIDIA

Exit mobile version