Desa Wisata, Destinasi yang Unik dan Menawan

desa wisata

Ini lima desa wisata yang unik dan menarik di Indonesia yang dapat kalian kunjungi (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Jenuh dengan hiruk pikuk suasana perkotaan? Desa wisata bisa jadi destinasi liburan yang patut kamu coba. Berikut ini lima desa wisata yang dapat kamu kunjungi sebagai destinasi wisata menarik.

Indonesia menyimpan beragam kekayaan dan keindahan yang patut disyukuri. Tidak terbatas pada sumber daya alamnya yang melimpah, negeri ini juga mempunyai kekayaan aneka ragam masyarakat lokal atau suku, dengan total 1.340 suku yang tersebar di berbagai wilayah.

Potensi masyarakat lokal dan suguhan budaya pun menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang tak boleh diremehkan. Hingga kini, tercatat berbagai destinasi desa wisata yang populer, bahkan bagi turis mancanegara. Batam Tourism Polytechnic telah merangkum lima desa wisata di Indonesia yang pantas kalian kunjungi.

  1. Desa Penglipuran di Bali

Punya impian untuk berkunjung ke Bali? Desa Penglipuran merupakan salah satu destinasi yang wajib masuk bucket list-mu! Terletak di kaki Gunung Batur, Desa Penglipuran merupakan pionir desa wisata di Indonesia.

Meski cukup jauh dari pusat kota, sekitar 45 km dari Kota Denpasar, Penglipuran menawarkan keindahan suasana pedesaan yang memukau. Rumah-rumahnya tertata rapi membentuk lorong dengan desain arsitektur khas Bali. Selain itu, suasananya yang masih asri dan sejuk juga menjadi poin penting bagi kamu yang membutuhkan suasana berlibur yang tenang.

Desa Penglipuran sendiri sudah cukup terkenal, bahkan sempat dinobatkan sebagai desa terbersih nomor tiga dunia dan mendapat penghargaan dengan tingkat terbaik untuk kategori pelestarian budaya.

  1. Desa Wisata Wae Rebo di Flores

Desa Wae Rebo yang berlokasi di Flores, Nusa Tenggara Timur ini sangatlah istimewa karena berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Saking tingginya, kamu pun akan merasakan sensasi bak desa di atas awan.

Keunikan Desa Wae Rebo terlihat jelas dari bentuk ketujuh bangunannya yang unik dengan arsitektur yang masih konsisten sejak zaman dahulu. Selain itu, suguhan keindahan alam dengan panorama pegunungan dan hamparan rumput hijau menjadikan desa ini sebagai salah satu primadona andalan di Flores.

  1. Desa Sasak Sade di Lombok

Salah satu desa wisata yang terkenal di Lombok ialah Desa Sasak Sade yang berlokasi di daerah Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa satu ini terkenal dengan rumah tradisionalnya yang dibangun menggunakan atap jerami dan dinding bambu yang khas.

Berkunjung ke Desa Sade juga akan memberikan pengalaman kebudayaan yang menarik mengingat adat Suku Sasak yang masih dilestarikan hingga sekarang. Mulai dari tari-tarian, rumah adat, tradisi, hingga kain tenun yang khas, semuanya dapat kamu temukan di sini!

  1. Desa Nglanggeran di Yogyakarta

Desa Nglanggeran merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Yogyakarta. Di sini, para turis dan pengunjung diberikan kesempatan untuk mengikuti program tinggal di rumah penduduk. Strategi ini merupakan langkah unik yang dilakukan untuk meningkatkan daya tarik dan pengembangan pariwisata setempat.

Dengan atraksi nuansa pedesaan yang ditawarkan, para pengunjung berkesempatan untuk mempelajari budaya dan menjelajahi keindahan alam, seperti gunung dan air terjun.

  1. Desa Wisata Kete Kesu di Toraja

Beralih ke daratan Sulawesi, terdapat sebuah desa wisata yang cukup populer di Toraja, yaitu Desa Kete Kesu. Popularitas desa ini memang tidak diragukan lagi. Panorama alam yang indah serta adat istiadat yang masih kental menjadi daya tarik tersendiri.

Dikenal sebagai tempat bersejarah, Desa Kete Kesu menyimpan berbagai peninggalan purbakala yang telah berusia ratusan tahun. Desa ini bahkan tercatat memiliki pemakaman tertua di dunia. Tidak hanya itu, rumah adat atau Tongkonan di Desa Kete Kesu juga dibangun secara rapi tanpa menggunakan material paku.

Itu dia beberapa daftar desa wisata yang ada di Indonesia. Kehadiran destinasi khas masyarakat lokal ini perlu didukung dan dijaga kelestariannya, sehingga dapat membawa perkembangan dalam sisi ekonomi masyarakat setempat.

 

HENNI TS

Exit mobile version