Dev Week 2018 Line, Satukan Developer Sedunia

Line Developer Day 2018 di Seoul, Korea Selatan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - LINE Corporation menggelar rangkaian acara Dev Week 2018. Seribu developer dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia berkumpul di Seoul, Korea Selatan untuk mengikuti workshop dalam acara tersebut.

Ini merupakan DEV WEEK keempat yang diadakan sejak 2013 dan sekali lagi acara ini memberikan kesempatan bagi developers untuk mempelajari tren dan kemajuan terbesar yang terbaru dari LINE serta mendapatkan gambaran besar tentang bagaimana rencana perusahaan untuk berkembang di masa depan.

Euivin Park Chief Technology Officer bersama dengan Jaeseung Kang (Biz Platform Dev Lead di LINE Biz Plus Corporation), Marco Chen (Platform Biz & Service Office Lead di LINE Taiwan), dan Ikebe Tomohiro (Senior Executive Officer and Head of Service Development di LINE Corporation) hadir dalam acara yang berlangsung selama 4 hari itu.

“Kemampuan luar biasa dan kebulatan tekad para developers LINE telah memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan berbagai layanan terdepan milik LINE serta reputasi yang terpercaya,” kata Euivin Park dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Baca juga :   Modalku Gandeng Ernst and Young Untuk Tingkatkan Transparansi

Menurut Euivin, LINE berupaya semaksimal mungkin untuk membangun budaya di mana developers saling mendukung dan tumbuh bersama. DEV WEEK merupakan landasan untuk membentuk pendekatan kolaboratif, menyediakan forum untuk semua developers di seluruh dunia, dan membantu menjadikan LINE pemimpin teknologi di seluruh dunia.

Dia juga menjelaskan bagaimana LINE bekerja membangun ekonomi token dengan mengadopsi teknologi blockchain ke berbagai fitur LINE dan membuka dApps berdasarkan layanan informasi berjenis insentif. Namun, LINE juga akan melangkah lebih jauh dengan rencana untuk mendukung percepatan pengembangan layanan dApp di luar platform LINE dan mengembangkan mainnet blockchain sendiri dalam waktu dekat.

“Untuk mencapai hal ini, LINE secara aktif mengatur lokasi para developer dan mempercepat rekrutmen di wilayah lain serta menambah unblock dan Blockchain Lab di Korea dan Jepang,” lanjutnya.

Dengan para insinyur dari Korea, Jepang, Taiwan, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan China, para peserta menikmati workshop yang dilaksanakan dalam tiga hari, diikuti dengan acara sharing, debat, dan presentasi yang berlangsung di hari terakhir.

Baca juga :   Stiker LINE Karya Kreator Indonesia Mendunia

Dari 17 hingga 19 April, workshop mencakup sekitar 30 topik. Developers dari masing-masing bidang mengadakan diskusi mendalam mengenai berbagai hal, termasuk kesulitan yang dihadapi dalam pekerjaan mereka beserta solusi yang memungkinkan dan roadmap untuk proyek-proyek besar di tahun 2018. Pada 20 April, masing-masing pemimpin dari bagian utama LINE memberikan presentasi dan diakhiri pidato utama Chief Technology Officer Euivin Park kepada semua peserta.

Fokus utama presentasi Park melihat pada ekspansi global dari lokasi para developer LINE sekarang terdapat di Jepang (Kyoto), Vietnam (Hanoi, Kota Ho Chi Mihn), dan China (Dalian) dan bagaimana insinyur di semua lokasi tersebut bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai proyek penting.

Dia juga mencatat bagaimana LINE, sebagai bagian dari dedikasinya untuk membangun ekosistem teknologi memiliki rencana untuk memungkinkan penyesuaian layanan pesan melalui offering PaaS (Platform as a Service) di berbagai pasar.

Dengan dirilisnya messaging API pada DEVELOPER DAY 2016 di Jepang, lebih dari 283.000 chatbots LINE telah dibuat menunjukkan komitmen LINE untuk memperluas ekosistem bot. Saat ini LINE berencana untuk menyediakan keragaman jenis pesan yang lebih besar untuk menciptakan dunia API terbuka bagi pengguna dan developers.

Baca juga :   Anak Indonesia Raih Penghargaan Eco Friend Prize Tingkat Dunia

STEVY WIDIA