Di Tengah Berbagai Tantangan, CLIK Catatkan Kinerja Bisnis Positif

CLIK Management

Di Tengah Berbagai Tantangan, CLIK Catatkan Kinerja Bisnis Positif (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Meskipun menghadapi berbagai tantangan, kinerja biro kredit swasta CLIK (PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan) sepanjang tahun 2023 mampu melampaui perkiraan. Berkat komitmen pada penguatan struktur organisasi, kompetensi, serta fokus pada produktivitas sepanjang tahun lalu, CLIK berhasil meraih margin kotor sekitar 30%.

Kinerja positif ini berhasil ditopang oleh peningkatan luar biasa dalam total enquiry klien, lebih dari 200%, dan berhasil memperoleh hingga 52 klien baru pada tahun lalu.

“Pencapaian tersebut memperlihatkan kepercayaan klien terhadap kualitas layanan CLIK. 2023 menjadi tahun yang luar biasa bagi CLIK,” ucap Presiden Direktur CLIK Leonardo Lapalorcia, Senin (24/6/2024).

Pada tahun 2023, CLIK berkolaborasi dengan perusahaan biro kredit lain di Indonesia dalam rangka meningkatkan kesadaran di kalangan pemangku kepentingan dari sektor swasta dan pemerintah. Upaya ini menekankan pada peran penting biro kredit dalam mendorong sistem keuangan yang kuat dan berfungsi dengan baik.

CLIK juga memperkenalkan beberapa layanan dan produk revolusioner yang diluncurkan pada tahun lalu. Antara lain, pertama Consumer Enquiry – API: Produk dengan respons cepat yang melayani kebutuhan pemberi pinjaman, termasuk LPIP dan pelanggan lainnya.

Kedua, CLIK Dashboard: Perangkat manajemen informasi yang menyediakan akses tanpa hambatan dan real-time, paling komprehensif dan terbaru tentang data Pasar Kredit Indonesia. Solusi berbasis web interaktif ini memberdayakan pemimpin industri, eksekutif, peneliti, dan pejabat pemerintah dengan perangkat yang mereka butuhkan untuk menavigasi dan memahami dinamika di industri ini.

Ketiga, CLIK Spectrum: Menggunakan skor telekomunikasi, Bank dapat meningkatkan tingkat approval pinjaman hingga 10% tanpa mempengaruhi tingkat NPL, mampu mengidentifikasi pelanggan dengan risiko menengah ke segmen risiko rendah.

Chief Revenue Officer CLIK Jan Louise Rudy Tjintjelaar menambahkan biro kredit swasta di Indonesia perlu memberikan kontribusi yang lebih strategis dalam rangka membentuk industri kredit yang lebih maju. Lembaga keuangan dan non-keuangan kini mencari solusi untuk mengembangkan strategi terbaik dalam menyalurkan pinjaman secara efektif, sambil tetap menjaga profitabilitas sebagai prioritas mereka.

“Biro kredit swasta menyediakan layanan yang terbaik. Sudah saatnya kami membuat peta jalan (roadmap) menyeluruh yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat,” tambahnya.

CLIK memperbarui struktur manajemennya untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi strategis. Adapun tim Manajemen CLIK yang baru antara lain: Presiden Komisaris: Rizana Noor, Komisaris: Adimukyo Mardjikoen, Chief Revenue Officer: Jan Louise Rudy Tjintjelaar, Chief Operations Officer: Rizki Munggara, dan Chief Finance Officer: Nita Febriana.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version