Digitalisasi Pembayaran Parkir, BSS Parking Gandeng DOKU

BSS Parking x DOKU

BSS Parking gandeng DOKU untuk pembayaran digital parkir (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kemudahan penggunaan scan QRIS dalam bertransaksi semakin banyak dimanfaatkan oleh beragam bisnis lintas industri, tak terkecuali bisnis ticketing untuk parkir kendaraan bermotor.

Operator parkir BSS Parking dengan kantor pusat di Makassar dan memiliki cabang operasional di Bali, menggandeng DOKU untuk mendigitalisasi pembayaran parkir di Bali. Saat ini QRIS Dynamic milik DOKU sudah terintegrasi dengan sistem milik BSS Parking.

Menurut Felix Panjaitan, Direktur BSS Parking, upaya penerapan digitalisasi yang dilakukan perusahaannya sejalan dengan momentum pemerintah Indonesia dalam menerapkan program digitalisasi di berbagai industri.

“Kami sebagai perusahaan pengelola parkir, turut mengambil peranan dalam mendigitalisasikan transaksi parkir secara non tunai (cashless). Dengan adanya digitalisasi transaksi parkir ini, kami mengharapkan semua transaksi parkir baik parkir di area parkir kawasan, gedung, maupun area parkir bahu jalan sudah dapat dilakukan secara digital non-tunai (cashless). Sehingga selain lebih praktis metode ini juga dapat meminimalisir terjadinya kebocoran pungutan parkir. Dengan demikian pendapatan pengelola ataupun Pemerintah Daerah setempat pun dapat lebih dimaksimalkan,” ujar Felix, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021).

Saat ini sistem pembayaran digital BSS Parking telah diimplementasikan di 6 titik parkir di Bali, dengan cakupan area seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, pertokoan, tempat wisata dan fasilitas pelayanan umum. Masyarakat yang ingin memarkir kendaraan cukup melakukan scan QRIS melalui handphone mereka, saldo dalam aplikasi e-Wallet maupun mobile banking mereka terdebit dan seketika gerbang parkir akan terbuka.

“Bisnis parkir kendaraan di Indonesia identik dengan pembayaran tunai dan cenderung tidak tercatat. Melalui kolaborasi bersama dengan BSS Parking, DOKU sebagai pionir pembayaran digital di Indonesia ingin membantu proses digitalisasi transaksi di industri perparkiran, sehingga pembayarannya dapat dilakukan lebih cepat, tercatat dan aman secara cashless,” ujar Irfan Burhan, SVP Business Expansion and Regional Sales DOKU.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version