youngster.id - Tokopedia terus mengedepankan inisiatif dalam bentuk hyperlocal di berbagai kota di Indonesia untuk membantu pegiat usaha. Langkah ini untuk meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan teknologi, bagi para pelaku usaha termasuk di pasar tradisional.
Pemerintah Kota Tasikmalaya merupakan pemerintah daerah pertama yang melakukan digitalisasi pasar tradisional lewat Tokopedia.
“Digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif hyperlocal Tokopedia. Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka adalah contoh pasar tradisional yang merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia di Jawa Barat,” kata Trian Nugroho, Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia dalam siaran pers Kamis (1/4/2021).
Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 2020. Koperasi Pemasaran Pedagang Pasar Cikurubuk (KP3C) pun dilibatkan untuk memperkenalkan konsep baru ini kepada masyarakat setempat.
“Pasar Cikurubuk Online telah menyokong lebih dari 100 pedagang setempat yang terdampak pandemi. Sejak bergabung dengan Tokopedia, perlahan jumlah pesanan di Pasar Cikurubuk Online mulai naik hingga lebih dari 4x lipat dibandingkan sebelumnya,” ungkap Achmad Jahid Ketua Himpunan Pedagang Kota Tasikmalaya.
Selain memastikan kualitas produk yang ditawarkan oleh seluruh penjual, koperasi pasar juga aktif menggunakan beragam fitur di Tokopedia, mulai dari TopAds dan Bebas Ongkir hingga turut serta dalam kampanye yang diadakan Tokopedia, seperti Karnaval Pengguna Baru.
Selain Pasar Cikurubuk, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka juga menjadi salah satu pasar tradisional yang terus menggerakan perekonomian daerah di tengah pandemi melalui digitalisasi dengan berkolaborasi bersama Tokopedia.
Dengan adanya sosialisasi intensif, kini ada lebih dari 100 pedagang di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Online.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post