Digitarasa Batch 3 Berbagi Rahasia Sukses Bisnis Kuliner Bagi Pelaku UMKM

Peluncuran Digitarasa, akselerator bisnis kuliner. (Foto: istimewa)

youngster.id - Platform digital semakin menjadi andalan para pengusaha kuliner guna menjangkau pelanggan setia dan memasarkan produknya. Seiring dengan itu, pengusaha kuliner terutama UMKM perlu terus meningkatkan ilmu dan keterampilan khususnya terkait pemasaran atau berbisnis di dunia online sehingga dapat menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen.

Untuk itu, GoFood lewat program akselerator startup kuliner Digitarasa berbagi resep sukses bagi 20 pengusaha kuliner anak bangsa yang merupakan peserta program angkatan ketiga (Batch 3).

Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya mengatakan, salah satu strategi bisnis kuliner adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon.

“Di GoFood, kami membuka peluang seluas-luasnya bagi mitra usaha yang ingin menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif. Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’  diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim. Kami mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo,” ungkap Felicia dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.

“Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan. Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” jelas Felicia

Sebanyak 20 (dua puluh) peserta Digitarasa Batch 3 terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari sekitar 3000 pendaftar dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Para peserta dari pelaku usaha kuliner anak bangsa ini sedang mengikuti bootcamp yang meliputi beberapa materi. Seperti strategi manajemen bisnis F&B bersama CEO Mangkokku Julius Kartadinata. Perencanaan dan pelaporan keuangan dari SVP Kopi Kenangan Rahmad Budiarjo. Strategi meningkatkan skala bisnis kuliner bersama CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata. Seluk beluk dunia kuliner bersama CEO Digitarasa Chef Arnold Poernomo, dan para pelaku bisnis kuliner Tanah Air lainnya.

Sebelumnya, Digitarasa telah meluluskan 29 pengusaha kuliner di Batch 1 dan Batch 2. Antusiasme para pelaku usaha untuk bergabung di program ini terus meningkat dan terbukti di kesempatan kali ini, Digitarasa melatih lebih banyak pelaku usaha kuliner untuk bisa menumbuhkan bisnis dan meningkatkan skala usaha.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version