DOKU Dukung Universitas Prasetiya Mulya Inisiasi Fintech Living Lab

Metode pembayaran QR di area kampus Universitas Prasetiya Mulya BSD. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - DOKU, penyedia solusi layanan pembayaran elektronik pertama di Indonesia telah resmi mendapatkan ijin untuk pembayaran menggunakan QR dari Bank Indonesia. Sebagai wujud realisasi perdana, DOKU turut memeriahkan acara “Innovation Day 2018” di Universitas Prasetiya Mulya BSD, School of Applied STEM (Science Technology Engineering & Mathematics).

Acara tahunan yang akan berlangsung hingga tanggal 5 Agustus 2018 mendatang diperkirakan dihadiri oleh setidaknya 6.000 siswa SMU dari 120 sekolah unggulan di wilayah Jabodetabek. Pada kesempatan ini DOKU menghadirkan pengalaman bertransaksi non-tunai menggunakan metode scan QR.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Bank Indonesia yang telah memberikan ijin pembayaran QR untuk e-Wallet kami, dimana fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dalam peta pengembangan layanan DOKU e-Wallet ke depan. Tidak hanya use case DOKU e-Wallet yang semakin diperkaya dan dipermudah, namun dari sisi partnership banyak sekali inisiatif non-tunai yang dapat diimplementasikan bersama dengan mitra strategis DOKU, salah satunya adalah institusi pendidikan,” kata Richmond Aldien, Senior Vice President Consumer Product DOKU dalam keterangannya, Jumat (3/8/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Belanja Pakai Ponsel Meningkat di Indonesia

Pada bulan Maret 2018 lalu DOKU bersama dengan Universitas Prasetiya Mulya BSD, School of Applied STEM (Science Technology Engineering & Mathematics) sepakat untuk menggelar serangkaian program bersama berkelanjutan khususnya di ranah Fintech yang mencakup kegiatan guest lecturer, seminar, konferensi, workshop, penelitian dan pelatihan.

“Fintech Living Lab ini berfungsi sebagai wadah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan baik pada mahasiswa maupun perusahaan Fintech seperti DOKU untuk melakukan penelitian maupun uji coba, menerapkan gagasan dan konsep baru di bidang Fintech,” komentar Richmond.

Lebih lanjut dia menjelaskan, transaksi non-tunai menggunakan metode scan QR DOKU terbilang mudah dilakukan. Pengguna DOKU e-Wallet cukup datang ke kasir untuk melakukan pembayaran, membuka fitur QR dalam aplikasi DOKU dan melakukan scan QR pada perangkat kasir.

“Untuk tahap awal metode pembayaran QR akan kami terapkan di ‘kita’ convenience store yang terletak di area kampus Universitas Prasetiya Mulya BSD. Pada tahapan selanjutnya, kami akan memperluas jangkauan pembayaran QR di area sekitar kampus, seperti kantin dan juga untuk pembayaran formulir pendaftaran mahasiswa,” ujarnya.

Baca juga :   Website UI Terbaik di Indonesia

 

STEVY WIDIA