youngster.id - Sebagai upaya mendukung digitalisasi sektor pariwisata, LinkAja menjalin kerja sama dengan Manna Indonesia Group (MIG). Inisiatif ini sejalan dengan program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam mendorong transformasi digital serta penguatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.
Kolaborasi tersebut turut didukung oleh Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), yang menaungi lebih dari 7.500 agen perjalanan wisata di seluruh Indonesia. Dukungan ini diarahkan untuk memperluas adopsi pembayaran digital dan non-tunai, khususnya bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.
Chief Executive Officer LinkAja, Yogi Rizkian Bahar, mengatakan kolaborasi ini merupakan bagian dari mandat LinkAja sebagai BUMN dalam memperkuat ekosistem pembayaran digital nasional, terutama di sektor pariwisata.
Menurutnya, penyediaan solusi pembayaran yang aman, inklusif, dan terintegrasi, serta didukung ekosistem BUMN termasuk Telkomsel, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman transaksi wisatawan mancanegara.
“Inisiatif ini tidak hanya mendukung kedaulatan sistem pembayaran nasional, tetapi juga mendorong pencatatan devisa secara resmi serta pemanfaatan data transaksi agregat sebagai dasar penguatan kebijakan ekonomi digital dan pariwisata nasional ke depan,” ujar Yogi, Jum’at (19/12/2025).
Melalui kerja sama ini, wisatawan mancanegara dapat menggunakan LinkAja sebagai solusi pembayaran digital nasional untuk berbagai kebutuhan transaksi selama berada di Indonesia. Layanan yang tersedia mencakup pembayaran paket pariwisata, belanja, transportasi, hingga penarikan dana melalui jaringan ATM, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan.
CEO & Founder PT Manna Indonesia Group, Hanzela Calista Kusumamenggala, menyampaikan bahwa kolaborasi dengan LinkAja menjadi langkah strategis dalam menghadirkan pengalaman berwisata yang lebih seamless bagi wisatawan mancanegara.
Ia menilai, solusi pembayaran digital nasional yang terintegrasi dapat meningkatkan kemudahan transaksi sekaligus mendukung pengelolaan ekosistem pariwisata berbasis data.
“Kami optimistis kolaborasi ini dapat membantu pelaku industri pariwisata menjangkau pasar global secara lebih luas, sekaligus mendukung perumusan kebijakan dan strategi pengembangan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan,” kata Hanzela.
Sebagai bagian dari implementasi, wisatawan internasional dapat mendaftar layanan dengan menggunakan kartu SIM Telkomsel dan mengunduh aplikasi LinkAja di perangkat seluler, sehingga dapat bertransaksi secara praktis selama menikmati berbagai destinasi wisata di Indonesia.
ASITA menyambut baik langkah LinkAja dalam mendukung digitalisasi pembayaran di sektor pariwisata., menyatakan bahwa p
“Pemanfaatan pembayaran digital dapat meningkatkan kualitas layanan pariwisata sekaligus memperkuat daya saing agen perjalanan Indonesia,” ucap Ketua Umum DPP ASITA, Drs. N. Rusmiati, M.Si., M.H.
STEVY WIDIA
















Discussion about this post