Dorong Peningkatan Literasi Anak di Indonesia, Sampoerna University Gelar GERAK 2022

Sampoerna Universitu - Rumah Belajar Rawamangun

Dorong Peningkatan Literasi Anak di Indonesia, Sampoerna University Gelar GERAK 2022 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia, Sampoerna University melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi Universitas Sampoerna (BEM KM FET) menggagas program sosial tahunan bernama Gelora Aksi (GERAK).

Pada GERAK 2022 yang mengangkat tema “Belajar Tanpa Putus Asa” ini, Sampoerna University menyampaikan kepeduliannya terhadap rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia yang menempati peringkat 62 dari 70 negara pada tahun 2021. Program yang melibatkan kegiatan pengajaran serta donasi buku dan alat tulis ini diadakan di dua lokasi, yakni Rumah Belajar Senen (RBS) dan Rumah Belajar Rawamangun (Rumbelraw).

“Sampoerna University selalu memastikan bahwa para mahasiswa bukan hanya menjadi profesional yang siap bekerja dan berdaya saing global, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan kembali kepada masyarakat. Upaya pemberdayaan kemampuan literasi anak ini kiranya dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, intelek, dan memiliki keterampilan,” tutur Surya Danusaputro Liman, Ph.D., Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Sampoerna University, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/4/2022).

Melalui kegiatan GERAK 2022 Sampoerna University memberikan donasi sebanyak 120 buku serta paket berisi buku tulis, alat tulis, krayon, dan makanan ringan kepada sekitar 40 anak. Selain penyampaian donasi, kegiatan GERAK 2022 ini pun diisi dengan kegiatan belajar mengajar bersama mahasiswa Sampoerna University dan anak-anak dari kedua rumah belajar. Anak-anak yang hadir diajarkan mengenai sistem tata surya sembari melukis dan membuat replika planet menggunakan bola plastik.

Program GERAK 2022 diharapkan dapat menumbuhkembangkan budaya gemar membaca di kalangan generasi muda, sehingga pada akhirnya berdampak pada kemajuan bangsa Indonesia. Melalui gerakan pelayanan masyarakat ini juga, Sampoerna University menyempurnakan visi untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang dapat berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Kami sangat senang mendapat kunjungan dari Sampoerna University. Hal ini bisa menjadi dorongan yang besar untuk meningkatkan minat membaca anak-anak. Karena pada dasarnya, literasi merupakan modal penting bagi generasi muda Indonesia dalam menciptakan daya pikir kritis, kreatif, dan inovatif,” kata Ravi Choi, pengelola dan pengajar di Rumah Belajar Rawamangun.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version