Dorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce Dengan Cloud

Huawei Cloud E-Commerce Summit 2023

Diskusi Huawei Cloud E-Commerce Summit 2023. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dalam 15 tahun terakhir perkembangan e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Di sisi lain, ketatnya persaingan membuat banyak layanan e-commerce terpaksa tutup. Untuk mendorong pertumbuhan baru di sektor ini perlu melihat peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi cloud.

Wakil Ketua idEA Budi Primawan mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa besar, didorong oleh jumlah penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

“Untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, perusahaan-perusahaan e-commerce perlu memanfaatkan teknologi digital cloud untuk mendongkrak daya saing e-commerce dari aspek orang, barang, dan saluran,” kata Budi dalam acara Huawei Cloud E-commerce Summit 2023, yang digelar baru-baru di ini di Jakarta.

Acara yang  bertema “Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce Dengan Huawei Cloud” dihadiri oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) serta lebih dari 100 perusahaan e-commerce, layanan pembayaran, dan logistik.

Dalam acara tersebut, Huawei Cloud bersama mitra-mitranya mengadakan diskusi mendalam seputar topik perkembangan e-commerce di Indonesia di masa depan serta berbagai peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi cloud.

Solution and Sales Director, Huawei Cloud APAC James Tan mengatakan, solusi e-commerce yang dihadirkan Huawei Cloud bertujuan untuk membantu pelanggan di sektor e-commerce mencapai tingkat pertumbuhan baru.

“Kami telah membantu IDOL GROUP untuk memperoleh wawasan 360° – menyeluruh – terhadap kelompok-kelompok konsumen sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi strategi penjangkauan pelanggan, mendukung VMALL dalam membangun platform yang dinamis, lincah dan elastik guna menciptakan pengalaman pengguna yang fantastis selama periode promosi, serta membantu CARRO mengembangkan sejumlah model inovatif untuk meningkatkan angka konversi pelanggan,” ungkapnya.

Dengan dukungan Huawei Cloud, banyak pelaku e-commerce yang telah berhasil mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya melalui penggunaan teknologi digital berbasis cloud. Berbekal teknologi AI dari Huawei Cloud, CARRO telah mengembangkan berbagai model yang inovatif.

Chief Datascientist di CARRO Group sekaligus CEO CARRO Indonesia Bryan Tan, menjelaskan CARRO mengembangkan model inovatif “160 Point Inspection” berbasis AI Huawei Cloud, yang sukses memangkas waktu proses pendeteksian mutu mobil hingga 80%.

“Dengan cara ini, kami dapat melakukan inspeksi mobil secara lebih akurat, terotomatisasi sepenuhnya, lebih cepat, menyeluruh, dan lebih profesional,” ujarnya.

Layanan cloud native dari Huawei Cloud juga telah membantu SIRCLO meningkatkan kapabilitas pembangunan situs web omnichannel. “Guna memperkuat kapabilitas SIRCLO dalam aktivasi dan operasional niaga omnichannel, kami berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk mengeksplorasi berbagai inovasi mutakhir, seperti mesin pencarian generasi terbaru, layanan pelanggan virtual dengan tingkat presisi tinggi, serta kecerdasan buatan atau AI,” kata Muliadi Jeo CTO SIRCLO.

Dalam kasus lain, big data e-commerce yang disediakan Huawei Cloud telah memungkinkan SiCepat menyempurnakan operasi logistik dan meningkatkan efisiensi. SiCepat, yang merupakan salah satu perusahaan logistik ekspres terkemuka di Indonesia, telah merasakan manfaat dari dukungan Huawei Cloud.

“SiCepat berkomitmen untuk menggunakan teknologi digital guna mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan layanan. Kami berkomitmen untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta mengoptimalkan operasional, pengiriman, dan infrastruktur. Kami ingin menjadi mitra jasa pengiriman nomor satu bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia,” kata Reska Donaga, VP of Product, SiCepat Ekspres Indonesia.

Di akhir konferensi, virtual human dari Huawei Cloud, Sara, mengumumkan peluncuran proyek Joint Innovation Camp.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version