Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Dorong Pertumbuhan Bisnis, TIKI Kembangkan Inovasi Layanan, Teknologi dan Dukung UMKM

21 Juni 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
Dorong Pertumbuhan Bisnis, TIKI Kembangkan Inovasi Layanan, Teknologi dan Dukung UMKM

(ki-ka) Direktur National & Network TIKI Ahmad Ferwito, Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti dan Head of National TIKI Adam Ismanto. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri logistik Indonesia diprediksi terus berkembang pesat. Berdasarkan data Supply Chain Indonesia sektor ini diproyeksikan tumbuh 12,53% pada 2025, naik dari 9,52% di tahun sebelumnya. Bahkan ukuran pasar pengangkutan dan logistik Indonesia diperkirakan mencapai US$131,2 miliar pada tahun 2025, dan diharapkan mencapai US$178,1 miliar pada tahun 2030.

Namun harus diakui peta persaingan industri logistik sangatlah ketat. Sebagai pelopor bisnis kurir lokal, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) terus melakukan inovasi produk, pengembangan teknologi dan berkomitmen mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti mengatakan, pihaknya memahami bahwa kebutuhan konsumen kini semakin beragam dan spesifik, untuk itu perusahaan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Kami fokus menerapkan ketahanan operasional melalui pemanfaatan teknologi, kemampuan beradaptasi secara cepat terhadap situasi dan kebutuhan konsumen yang terus berubah dengan cepat, serta keunggulan produk dan layanan yang berorientasi pada solusi bagi pelanggan. Hal ini membuat TIKI berhasil mempertahankan pertumbuhan bisnis mencapai 20%-25% year on year,” katanya pada wawancara terbatas, Jumat (20/6/2025) di Jakarta.

Baca juga :   Dukung Rantai Dingin Bagi UMKM, TIKI Hadirkan Layanan Pengiriman Makanan Beku

Selain itu, Yulina menegaskan TIKI juga berkomitmen untuk mendukung para pelaku UMKM. Salah satunya lewat layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking). “Lewat layanan ini kami memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan produknya serta menjangkau pelanggan lintas kota dan lintas wilayah,” ujarnya.

Selain itu, Yulina mengungkapkan, TIKI terus mendorong inovasi produk, seperti layanan khusus untuk komunitas hobi seperti TRX untuk pengiriman reptile, SRP untuk pengiriman ikan dan kebutuhan akutatik, dan DAT untuk pengiriman tanaman hias dan buah segar. Yang terbaru adalah layanan Froozy untuk pengiriman makanan beku.

“Inisiatif ini mencerminkan komitmen kami untuk tidak hanya menyediakan layanan kurir, tetapi juga menjadi mitra yang memahami kebutuhan unik dari para pelanggannya,” ujarnya.

Direktur National & Network TIKI Ahmad Ferwito menambahkan, perusahaan ekspedisi yang sudah beroperasi hamper 55 tahun ini menjadi satu-satunya jasa kurir yang memiliki instalasi karantina mandiri untuk ikan hias yang mendapat izin Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Baca juga :   Permudah Pembayaran Iuran Pendidikan, UKDW Gandeng BCA

“Semua ini merupakan inovasi dari kami untuk terus mengikuti perkembangan pasar dan terus menjadi mitra pengiriman terpercaya untuk masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Head of National TIKI Adam Ismanto mengatakan, dari sisi teknologi, TIKI sudah memiliki smart control tower (SCT) yang berguna menganalisa data operasional secara real-time untuk membantu manajemen melakukan pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran. Teknologi operasional lain adalah Transportation Management System (TMS), sistem optimalisasi rute pengiriman untuk meningkatkan efisiensi waktu, menurunkan biaya operasional, serta memberikan pengalaman pelacakan kurir secara live.

“Dengan teknologi ini memungkinkan TIKI mengetahui pertama, jumlah paket terkirim. Selain itu dapat mencegah terlambat atau tidak terkirim tiap harinya dari seluruh cabang. Sehingga, mendorong produktivitas tiap individu kurir dalam mengirim paket, serta pemetaan kinerja gerai,” katanya.

Baca juga :   Mitra Amartha UMKM Perempuan Meningkat 200%

Menurut Adam, selain teknologi dan produk, sumber daya manusia (SDM) juga menjadi prioritas kami untuk menjaga kualitas layanan yang kami berikan kepada pelanggan. “Pelatihan, penghargaan dan pengembangan karir menjadi salah satu cara kami dalam membangun kualitas SDM yang terbaik,” ucapnya.

Saat ini jaringan operasional yang meliputi 69 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3.7000 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. Sehingga TIKI dapat melayani 514 kabupaten atau kota, 7.230 distrik di seluruh Indonesia.

“Kami akan terus mengembangkan distribusi jaringan hingga menjangkau seluruh Inodnesia, termasuk mempercepat pengembangan infrastruktur yang mengarah ke teknologi otomasi. Karena perusahaan logistic bukan hanya soal pengiriman tetapi juga soal menjembatani akses, peluang dan pertumbuhan di seluruh Indonesia,” pungkas Yulina.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: industri logistiklayanan kurirPT Citra Van Titipan Kilat (TIKI)
Previous Post

Startup Pengadaan Global Zinit Berinvestasi Hingga Rp30 Miliar di Indonesia

Next Post

Indosat Gandeng Transsion Untuk Perluas Layanan

Related Posts

Perusahaan Kurir Nasional Ini Berhasil Terapkan Green Logistic
News

Perusahaan Kurir Nasional Ini Berhasil Terapkan Green Logistic

23 Juli 2025
0
TIKI
Headline

Dukung Rantai Dingin Bagi UMKM, TIKI Hadirkan Layanan Pengiriman Makanan Beku

12 Maret 2025
0
Tiki desa wisata
Headline

TIKI Hadirkan Inovasi Layanan Logistik Untuk Dukung UMKM Desa Wisata

17 Desember 2024
0
Load More
Next Post
Indosat Gandeng Transsion Untuk Perluas Layanan

Indosat Gandeng Transsion Untuk Perluas Layanan

Kompetisi Student Company Ini Dorong Inovasi Bisnis Hijau dan Berkelanjutan

Kompetisi Student Company Ini Dorong Inovasi Bisnis Hijau dan Berkelanjutan

Lintasarta

Ancaman Siber Meluas, Lintasarta Kembangkan Pusat Inovasi dan Edukasi Teknologi Keamanan Siber

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version