Dorong Pertumbuhan UMKM, Startup Komerce Raih Dana Hibah DBS Foundation

Komerce

Chief Executive Officer Komerce Nofi Bayu Darmawan. (Foto: istimewa/youtube)

youngster.id - DBS Foundation Social Enterprise (SE) Grant 2020 adalah program dana hibah dari DBS Foundation untuk membantu para wirausaha sosial dapat megembangkan usaha. Ajang ini diikuti oleh 800 wirausaha sosial lainnya dari seluruh Asia. Startup Komerce dari Indonesia berhasil terpilih sebagai penerima dana hibah tersebut.

Chief Executive Officer Komerce Nofi Bayu Darmawan mengatakan, dana hibah dari DBS Foundation akan digunakan untuk memperluas jangkauan Komerce serta mengembangkan sistem e-learning.

“Dana tersebut telah kami alokasikan untuk ekspansi ke Kecamatan Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, kami telah melakukan pelatihan puluhan siswa dalam bidang Admin Marketplace dan beberapa di antara mereka telah direkrut oleh UMKM. Menjadi bagian dari keluarga DBS merupakan kebanggaan bagi kami. Harapannya, kami bisa terus memperluas jangkauan dan memberikan dampak sosial yang positif dengan melatih lebih banyak lagi pemuda di Indonesia,” ungkap Bayu dalam siaran pers, Jumat (30/7/2021).

Komerce adalah  wirausaha sosial yang fokus pada penyelesaian masalah pengangguran di Purbalingga, Jawa Tengah. Komerce melatih para pemuda di desa untuk memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan di ranah e-commerce dan menyalurkan mereka ke UMKM mitra yang membutuhkan tenaga kerja kompeten. Hingga saat ini, Komerce telah dipercaya oleh sebanyak 789 mitra UMKM di seluruh Indonesia, telah melatih lebih dari 1.300 pemuda desa, dan mendistribusikan 700 alumni ke berbagai UMKM.

“Hingga saat ini, kami melihat masih banyak UMKM di daerah-daerah yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian bangsa dengan berkarya di e-commerce. Akan tetapi, mereka perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan mumpuni, serta akses ke perekrutan tenaga kerja berkualitas yang dibutuhkan oleh UMKM. Oleh karena itu, kami hadir untuk memberikan solusi bagi UMKM maupun calon tenaga kerja dengan memanfaatkan digitalisasi, di mana semua proses dilakukan secara online melalui aplikasi Komerce,” ujar Bayu.

Dia menjelaskan, dengan dana hibah yang diberikan oleh DBS Foundation, Komerce melakukan ekspansi dengan dua cara, yaitu dengan membuka pusat pelatihan pemuda di desa-desa lain termasuk di Berbah, dan menginisiasi Kampus Komerce, pusat edukasi online bagi para pemuda di Indonesia untuk mempelajari kurikulum pekerjaan di e-commerce, seperti Customer Service, Copywriter, Online Advertiser, Social Media Admin, Content Creator, Marketplace Admin, Transaction Data Input, dan masih banyak lagi.

Selain mendapatkan dana hibah, Komerce juga mendapatkan pelatihan melalui program “Done in a Day”, sebuah kegiatan volunteering inisiasi Bank DBS Indonesia yang memanfaatkan teknologi untuk berbagi pengetahuan dengan para wirausaha sosial di seluruh Indonesia.

Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, Bank DBS Indonesia berkomitmen menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, dengan menciptakan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Salah satunya dengan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para wirausaha sosial.

“Kami senang dapat berkontribusi mempercepat akselerasi bisnis mereka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial serta berkontribusi positif bagi terciptanya lapangan pekerjaan. Seperti Komerce, kami berharap akan ada lebih banyak lagi wirausaha sosial yang hadir, tumbuh dan berkembang,” ungkap Mona.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version