Dua Inisiatif Viu untuk Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia

kiri-kanan: Varun Mehta – Country Head Viu Indonesia, Ilham Habibie – Presiden dan Founder dari Berkarya!Indonesia, Suzen Tobing – Wakil Rektor Institut Kesenian Jakarta, dan Dirmawan Hatta – Filmmaker dan Mentor Viu Shorts! (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk dukungan pada kreativitas dan bakat lokal serta ekonomi kreatif Indonesia, Viu Indonesia mengumumkan dua inisiatif baru, yaitu Viu Shorts! dan beasiswa.

Viu Shorts! merupakan sebuah festival untuk siswa yang akan diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia. Adapun, program beasiswa bekerjasama dengan Berkarya!Indonesia untuk siswa berprestasi.

“Kami sangat antusias untuk mendukung ekonomi kreatif Indonesia melalui pendidikan, bimbingan dan Festival Film. Melalui festival film dan beasiswa singkat ini, kami akan membantu para calon sineas Indonesia dalam mencapai potensi mereka. Ini bagus untuk ekonomi Indonesia,” kata Varun Mehta, Country Head Viu Indonesia.

Dijelaskan Mehta, Viu Shorts! adalah festival film pendek yang mencakup kegiatan lokakarya dan produksi film untuk siswa di 17 kota di seluruh Indonesia. Festival ini akan dikelola oleh tim profesional dari Viu dan MAV Production Asia, termasuk sutradara film, editor film, dan penulis naskah. Mereka akan bertindak sebagai mentor yang membimbing siswa di setiap kota untuk mengadaptasi cerita-­‐cerita lokal dan mengubahnya menjadi produksi sinematik yang secara potensial nantinya dapat ditayangkan pada khalayak internasional.

Baca juga :   e2e Commerce, Ajang Pertemuan Peluang & Solusi Inovatif E-commerce

Film pendek yang diproduksi selama Viu Shorts! di 17 kota akan dievaluasi, dinilai, dan pemenangnya akan diumumkan pada bulan Mei 2019 mendatang.

Selain itu, Viu Indonesia berkolaborasi dengan Berkarya!Indonesia melalui Festival Bekraf Habibie Festival 2018, dalam memberikan beasiswa yang meliputi biaya kuliah empat tahun penuh di Institut Kesenian Jakarta, kepada siswa berprestasi untuk melanjutkan studi sinematografi.

“Bekarya!Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas bakat kreatif pemuda Indonesia sejak awal. Kami melihat semangat dan dedikasi yang sama terhadap upaya meningkatkan kualitas bakat dari Viu, dan sangat senang bermitra dengan mereka dalam beasiswa ini,” ungkap Ilham Habibie, Presiden dan Founder dari Berkarya!Indonesia.

Mengomentari kerjasama ini, Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum, Rektor Institut Kesenian Jakarta mengatakan, “Kami sangat senang dengan inisiatif Viu dalam mengembangkan bakat Indonesia. Kami menghargai dan mendukung mereka,” kata Seno.

 

HENNI T. SOELAEMAN