youngster.id - Guna mendukung dan mewujudkan pengembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan aplikasi New ZAPA.
“Dengan berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi New ZAPA, Telkom ingin mendorong dan memfasilitasi pelaku UKM untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan bisnis dan usahanya,” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Services Telkom, saat peluncuran aplikasi itu di Jakarta, Rabu (7/9).
Aplikasi New ZAPA merupakan sebuah layanan Customer Relationship Management via mobile application untuk pelaku UKM Indonesia. Layanan ini dibuat untuk memudahkan para pelaku UKM dalam mencari info produk Telkom, Info Billing, Tracking Process Order ataupun mencari mitra UKM terdekat melalui fitur Near Me.
Menurut Awaluddin, pengembangan aplikasi New ZAPA ini didasarkan pada voice of customer yang dikumpulkan oleh para admin di setiap kesempatan bertemu UKM maupun interaksi melalu media sosial, sehingga New ZAPA menjadi sebuah aplikasi yang lebih powerful, lebih bernilai, dan lebih handal.
“Telkom terus berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk menunjang UKM, dan tentu kami berharap agar setiap aplikasi yang dikembangkan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang lebih baik dan modern,” ujar Awaluddin.
Aplikasi New ZAPA ini dilengkapi fitur StarBox, yakni fitur solusi lengkap bagi para pelaku UKM yang terdiri dari produk wifi.id, Jarvis, Akunting Mudah dan Bos Toko yang dikemas menjadi layanan 3C (Connectivity, Content & Commerce).
Melalui Starbox, para pelaku UKM juga memiliki kesempatan menjadi resellerStarBox, yang dinamakan StarBox Digi Bulk. Cukup mendeposit minimal Rp 500 ribu, pengguna bisa mendapatkan bonus langsung sebesar 10%.
Selain fitur StarBox, New ZAPA menyediakan fitur Pendanaan UKM dengan nama Smart Funding, untuk pengajuan permohonan dana kemitraan. Lalu para pengguna juga bisa melihat info UKM yang telah bergabung dalam Kampung Digital melalui fitur Kampung UKM Digital.
Saat ini aplikasi New ZAPA sudah tersedia di Google Playstore sehingga para pelaku UKM dapat mengunduh langsung dari smartphone atau tablet mereka.
Saat ini, Telkom telah memiliki 2,39 juta member Directory SmartBisnis dari target 3 juta yang dicanangkan, 1.000 Kampung UKM Digital yang memiliki 12 ribu members, dan 10.000 members Smart Funding. “Aplikasi ZAPA yang telah diluncurkan sejak 2014 ini telah mendapat sambutan positif dari pelaku UKM. Ditargetkan New ZAPA ini mampu menggaet 10.000 pengguna hingga akhir tahun 2016,” tegas Awaluddin.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post