youngster.id - Dalam mewujudkan kepedulian pemberdayaan UMKM dan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Pertamina menggelar GBBI Maluku Utara 2022 . Acara ini menampilkan berbagai produk khas Maluku Utara hasil karya dari UMKM binaan Pertamina.
Executive General Manager Regional Papua Maluku PT Pertamina Patra Niaga I Ketut Permadi Aryakuumara mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan minat masyarakat akan produk-produk lokal dan terus mendukung para pengrajin lokal.
“Melalui partisipasi kami dalam kegiatan ini, masyarakat akan semakin giat dalam mendukung produk-produk lokal berkualitas sehingga kita mampu dalam mendorong pemulihan roda ekonomi Indonesia setelah lebih dua tahun diterpa oleh pandemi yang melanda dunia,” ucap Ketut Permadi dalam keterangan pers, Jumat (14/10/2022).
Beragam produk UMKM dihadirkan dalam kegiatan ini mulai dari Batik Malefo, Air Guraka Instant, Oleh-oleh “Ne Gam Macahaya”, Batik Tubo, Ifamoy, dan Batik Serba Usaha yang merupakan UMKM yang memberdayakan kaum difabel.
“Kami perkenalkan ecoprint sebagai karya yang layak dipasarkan di Ternate . Alhamdulillah berkat dukungan dari Pertamina, pelatihan dan binaan yang diberikan, usaha saya berkembang dan memperkerjakan sembilan orang diffable dan melatih serta memberdayakan 80an orang lainnya.Saat ini kami memiliki diferensiasi produk dan merambah sektor kuliner yang juga sudah diterima di gerai convinience store,” ungkap Nurjanah pemilik batik Serba usaha.
VP Corporate Social Responsibility (CSR) & Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam meramaikan pameran GBBI Malulu Utara ini.
“Kami mengajak masyarakat luas untuk untuk hadir memberikan perhatian dan dukungan bagi para pengusaha lokal Indonesia, yang tentunya akan sangat membantu mereka terutama dalam masa pemulihan ekonomi ini,” kata Fajriyah.
Pameran dari SMEXPO ini juga menghadirkan beberapa agenda kegiatan seperti Talkshow, Upskilling UMKM, Social Media Activation, Marketing Live Competition, T3 GBBI Corner, dan hybrid Exhibition. Selain itu, juga digelar program pinky movement, yakni program bantuan pinjaman lunak dan pembinaan untuk outlet Bright Gas maupun UMKM yang tertarik memanfaat Bright Gas untuk aktifitas bisnisnya di seluruh Indonesia.
GBBI Maluku Utara ini adalah kolaborasi Pertamina dengan Kementerian Desa dan PDTT, Kemenko Marves, Pemerintah Provinsi Maluku utara, Bank Indonesia dan Top Brands.
“Kita harus merubah sikap dan perilaku terkait permanfaatan dengan produk produk kita. Tentu ini semua kita lakukan tidak lain karena kecintaan kita kepada produk-produk indonesia dan kita terus gelorakan bukan hanya ampilifikasi nya tapi terhadap perubahan sikap dan perilaku,“ kata Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Sementara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan, UMKM adalah tulang punggung bagi perekonomian. “Ditengah kondisi gejolak ekonomi dan geopolitik global saat ini diperlukan rasa empati sekaligus semangat untuk menjaga stabilitas ekonomi Indonesia salah satunya dengan memperkuat UMKM Indonesia,” katanya.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno juga menyampaikan, Gerakan nasional bangga buatan indonesia, telah menjadi gerakan yang super positif dalam promosi pengembangan produk UMKM di Indonesia.
“Semenjak gernas GBBI diluncurkan, 12,1 juta unit UMKM telah bertranformasi ke platform digital, dan kami optimis target pencapaian 30 juta UMKM onboarding pada tahun 2023 akan tercapai,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post