Dukung Kebangkitan Industri Kreatif, Panasonic Kembali Gelar Kompetisi “Young Filmmaker”

Panasonic PYFM 2022

Tim Panasonic dan Juri PYFM 2022. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk turut memajukan industri kreatif di Indonesia Panasonic kembali menggelar Panasonic Young Filmmaker (PYFM) 2022. Program kompetisi ini menjadi wadah bagi filmmaker dan kreator muda Indonesia untuk menampilkan karya terbaik.

Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams Katoppo mengatakan, Panasonic Young Filmmaker merupakan salah satu upaya perusahaan dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia.

“Kami ingin memberikan wadah bagi para creator muda Indonesia menunjukan karyanya dalam bidang videografi sekaligus memberi kesempatan kepada mereka bertemu dan berdiskusi dengan para professional dibidangnya,” kata Intan dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Menurut dia, ajang kompetisi PYFM 2022 hadir dengan warna baru dengan kolaborasi bersama brand Panasonic lain seperti Panasonic TV, Panasonic Cooking dan Panasonic Beauty serta komunitas kreatif dan para professional dari industry perfilman dan juga videografi dalam setiap kategori.

“Hal ini merupakan bentuk penyesuaian Panasonic dengan tren video dan digital yang terjadi saat ini dan bertujuan untuk memperluas audience yang tidak hanya dari pembuat film tapi juga pembuat konten video digital dari berbagai latar belakang maupun minat,” kata Intan lagi.

Dalam rangkaian acara PYFM 2022, para filmmaker dan content creator muda nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai tren serta proses pembuatan film maupun video digital.

Sementara itu, General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi menjelaskan, PYFM kali ini mengusung tema STRIVE yang berarti berjuang.

“PYFM 2022 mengajak teman-teman pekerja kreatif muda di Indonesia untuk membuat ataupun mengirimkan karya video dengan tema sesuai untuk terus saling membangkitkan semangat di masa penuh ketidakpastian ini,” kata Agung.

Dia memaparkan, terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, & Vertical Video. Kategori Short Movie merupakan produksi film pendek dengan genre Drama, Komedi, Horror, Action, serta Dokumenter berdurasi maksimal 10 menit. Conceptual Video merupakan produksi video yang terbagi kedalam empat sub-kategori yaitu, Wedding Video, Pre-Wedding Video, Nature & Wildlife Video dan Experimental Video. Kategori terakhir adalah Vertical Video yang merupakan produksi video dengan format 9:16 yang juga terbagi dalam 4 sub-kategori yaitu Local Travel Video, Local Food Video, Education Video dan Fashion & Beauty Video dengan durasi minimum 1 menit.

Mengusung kampanye #BornToCreate PYFM 2022 menggandeng sutradara muda Yandy Laurens dan cinematographer Goenrock untuk menjadi juri kategori short movie. Kemudian Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcademy.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma, Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertical video. Sedang, Agung Ariefiandi selaku representatif Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori.

PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI, SNXP dan Keratif Film School.

Seluruh kegiatan PYFM 2022 akan dilaksanakan mulai dari 10 November 2022 hingga 3 Januari 2023.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version