Dukung Kebijakan BEI, Ajaib Implementasikan Protokol FIX5.0

Ajaib

Anderson Sumarli Co-founder & CEO Ajaib Group. (Foto: istimewa)

youngster.id - Sebagai upaya mendukung kebijakan Bursa Efek Indonesia (BEI), yang mendorong para anggota bursa untuk melakukan implementasi JATS (Jakarta Automated Trading System) FIX5.0, Ajaib telah mengimplementasikan protokol FIX5.0 untuk menggantikan fitur FIX4.2.

Kebijakan ini telah mulai diberlakukan terhitung sejak 6 Desember 2021 dan diharapkan berpeluang akan meningkatkan volume perdagangan. Ajaib merupakan salah satu Anggota Bursa yang paling awal menyelesaikan migrasi ke protokol FIX5.0.

Direktur Utama Ajaib Sekuritas Anna Lora mengatakan, implementasi protokol FIX5.0 ini bisa dilihat sebagai bentuk komitmen Ajaib, sebagai salah satu sekuritas yang memiliki platform investasi online terbesar di Indonesia dalam rangka untuk mempercepat dan meningkatkan layanan seiring dengan pesatnya pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia.

“Kami turut mendukung kebijakan BEI untuk mengimplementasikan protokol FIX5.0. Sudah saatnya kita beralih untuk meningkatkan sistem sehingga dapat mempermudah investor dalam bertransaksi dan meningkatkan volume perdagangan. Selain itu, kami pun yakin adanya kebijakan ini dapat meningkatkan antusiasme para investor khususnya investor ritel generasi muda Indonesia untuk berinvestasi dan memajukan pasar modal Indonesia,” kata Ana, dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).

Direktur IT & Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia, Fithri Hadi mengungkapkan, seiring dengan semakin banyaknya jumlah transaksi harian bursa dari pertumbuhan investor ritel baru yang merupakan digital savvy investor, maka bursa melakukan peningkatan teknologi API dengan protokol streaming data terbaru FIX5.0. Fitur FIX5.0 ini menyajikan streaming transaksi yang lebih cepat dan kapasitas transaksi harian yang lebih besar.

“Semua Anggota Bursa ditargetkan dapat bermigrasi ke protokol terbaru ini sebelum Juni 2022 untuk menyambut era digitalisasi pasar modal,” kata Fithri.

Menurut Fithri, bursa akan selalu membantu proses migrasi perusahaan sekuritas Anggota Bursa dalam bentuk awareness, penyediaan API, konseling dan mock trading agar target implementasi dapat tercapai. Dengan diterapkannya FIX5.0, sistem JATS NextG BEI juga akan memiliki peningkatan kapasitas order dan transaksi dari semula 5 juta order dan 2,5 juta transaksi per hari menjadi 15 juta order dan 7,5 juta transaksi per hari.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version