youngster.id - Pandemi yang sedang melanda dunia saat ini memang semakin mendorong terjadinya perubahan perilaku konsumen, yang dahulu lebih memilih berbelanja secara offline kini mau tidak mau beralih berbelanja secara online. Ini juga mendorong perkembangan pasar online, dimana menurut data GfK,53% masyarakat Indonesia telah melakukan pembelian kebutuhan sehari-hari secara online.
Berangkat dari hal ini, Lazada Indonesia (Lazada) akan menyelenggarakan Pesta 9emilang Seller Conference 2021. Acara bagi semua penjual di platform Lazada ini menjadi bagian dari upaya Lazada mempersiapkan penjual dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menghadapi potensi peningkatan pesanan yang signifikan.
“Tahun 2020 memang menjadi tahun yang penuh tantangan bagi setiap bisnis. Meski demikian, Lazada terus memberikan dukungan penuh kepada mitra brand dan penjual UMKM serius yang ada di platform, sehingga baik mitra brand maupun penjual UMKM masih mengalami penjualan yang bagus dan stabil, dan bahkan memperlihatkan peningkatan dalam setiap kampanye,” kata Jacopo Mor, EVP, Fashion & FMCG, Lazada Indonesia dalam keterangan pers, Rabu (10/3/2021).
Menurut dia, data Lazada menunjukkan potensi pasar online untuk para penjual, khususnya penjual UMKM, masih terbuka lebar. Pada kampanye 11.11 tahun 2020, ada penjual yang bisa mendapatkan lebih dari 50.000 order dalam satu hari, sedangkan di kampanye 12.12, sebagian besar penjual mengalami peningkatan pesanan lebih dari 80% dibandingkan kampanye 12.12 tahun sebelumnya.
“Kami memperkirakan tren ini masih akan berlangsung dan bahkan terus meningkat seiring dengan masyarakat yang semakin terbiasa dan merasakan nyamannya berbelanja secara online,” ujar Reza Rahtomo, Retail Service Director, GfK Indonesia.
Oleh karena itu, Reza menegaskan, melalui ajang Lazada Seller Conference 2021 kali ini pihaknya ingin membekali penjual agar bersama-sama kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya di kampanye ulang tahun Lazada.
Lazada Seller Conference 2021 yang bertemakan ‘#Pesta9emilang’ digelar untuk membekali para penjual UMKM di Lazada jelang kampanye ulang tahun Lazada yang akan berlangung pada 27-31 Maret
2021 mendatang.
Haikal Bekti Anggoro, SVP – Traffic Operations & Seller Engagement, Lazada Indonesia, mengatakan, untuk pertama kali Lazada selama lima hari penuh demi mengajak mitra brand, penjual UMKM serta konsumen Lazada dapat turut merayakan kemeriahan ulang tahun Lazada yang kesembilan.
“Kami sudah menyiapkan berbagai program dan fitur menarik yang bisa dipilih dan dimanfaatkan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan dalam kampanye nanti. Seluruh program, fitur dan sumber daya yang kami miliki memang didedikasikan untuk para penjual, khususnya UMKM, yang memang serius ingin menumbuhkan bisnisnya bersama kami,” kata Haikal.
Riset GfK juga memperlihatkan terdapat lima kategori barang yang banyak dibeli oleh konsumen Indonesia selama enam bulan terakhir (periode September 2020 – Februari 2021). Pertama makanan dan minuman kemasan. Kemudian, fesyen, alat kebersihan rumah tangga, smartphone; dan terakhir alat kecantikan.
“Karena itu kami selalu mendorong para penjual di Lazada untuk tetap memperhatikan tren yang terjadi di masyarakat agar mereka bisa menyediakan produk-produk yang memang banyak diminati. Dan informasi seperti itu secara rutin kami informasikan kepada para penjual melalui berbagai forum seperti Lazada Club, Lazada University dan ajang Lazada Seller Conference seperti ini,” ungkapnya.
Pesta 9emilang Seller Conference 2021 akan menghadirkan Rico Huang, pebisnis berusia 25 tahun yang dengan kerja kerasnya kini bisa meraup omzet miliaran rupiah. Lalu hadir Ozie, yang terkenal dengan perannya sebagai Bu Tejo di sebuah film, akan membagikan langkah mudah berjualan di e-Commerce.
Lazada Seller Conference 2021 juga terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikan melalui kanal YouTube Lazada Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post