youngster.id - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghambat penyebaran virus corona atau Covid-19 telah diterapkan di sejumlah daerah. Merespon hal tersebut, perusahaan layanan on-demand Grab Indonesia, berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan enam retail pangan.
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kolaborasi dengan Kementan dan retail pangan dilakukan agar ketersediaan pangan untuk masyarakat dapat terpenuhi.
“Kami memastikan bahwa masyarakat bisa dapat akses kepada produk pangan dari rumah mereka masing-masing,” kata Ridzki dalam siaran pers Selasa (14/4/2020).
Selain Kementan, 6 mitra retail pangan yang digandeng Grab antara lain, Prima FreshMart, Best Meat Juragan Ayam, Cimory, Indoguna, dan Meat n Fresh. Mereka merupakan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk pangan lainnya. Untuk kolaborasi ini, Grab telah menyiapkan beberapa skema layanan pangan.
Pertama, memaksimalkan layanan GrabMart dan GrabExpress untuk penyaluran pangan, serta membuka layanan pemesanan via WhatssApp. Untuk skema GrabMart, konsumen di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab.
Produk pangan juga bisa dipesan langsung dari mitra retail di GrabExpress. Pengiriman GrabExpress akan menjangkau wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan. Kedua, menyediakan opsi layanan GrabExpress Nalangin.
Menurut Ridzki, melalui konsep ini, mitra pengantaran bisa membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada mitra usaha dan kemudian akan diganti oleh pelanggan saat barang diterima. Layanan ini juga dilayani oleh armada GrabCar, untuk belanjaan dalam jumlah besar.
Ketiga, pemesanan kebutuhan pangan oleh mitra Grab For Business lewat WhatsApp. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia, dengan beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer’s Market dan Carrefour Ridzki mengatakan, kemitraan tersebut diperuntukan selain untuk memenuhi kebutuhan pangan pengguna Grab, juga untuk membantu mitra pengemudi maksimalkan layanan GrabMart atau GrabExpress.
“Kemitraan ini juga membantu menciptakan kesempatan pendapatan tambahan bagi mereka walaupun mobilitas sedang terbatas,” kata dia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post