youngster.id - Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.
Rendahnya minat baca ini bukan saja karena makin maraknya penggunaan gadget, tetapi juga kurangnya sarana dan prasarana buku di lingkungan masyarakat. Salah satunya terlihat dari sedikitnya jumlah perpustakaan dan taman bacaan bagi anak-anak di Indonesia. Tergerak akan hal ini, McDonald’s Indonesia kembali menggelar program donasi.
“Tahun ini kami fokus ke literasi anak. Kami melihat bahwa kurangnya jumlah perpustakaan dan akses ke buku-buku menjadi dampak dari kurangnya minat baca pada adak. Untuk itu, di momen Ramadan ini kami mengajak konsumen untuk saling berbagi dan menciptakan manfaat bagi orang-orang sekitar kita lewat donasi buku,” kata Sutji Lantyka Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia dalam jumpa pers virtual, Rabu (13/4/2022).
Kegiatan donasi buku yang akan dimulai pada 18 April 2022 ini digelar di 180 gerai McDonald’s yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Ini juga menjadi langkah awal kami dalam mendukung program pemerintah untuk membantu meningkatkan literasi anak,” ujar Sutji lagi.
Menurut Sutji, konsumen bisa datang ke gerai McDonald’s untuk memasukkan buku yang masih layak baca ke dalam kotak donasi yang sudah disediakan. Jenis buku yang diharapkan adalah ensiklopedi atau buku pengetahuan, buku cerita, kamus, dan komik.
“Program ini bekerja sama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM). Nanti buku yang terkumpul akan dikurasi dan didistribusikan ke perpustakaan dan taman baca melalui FTBM hingga akhir tahun 2022,” katanya.
Selain donasi buku, sepanjang bulan Ramadan ini McDonald’s Indonesia juga menggelar sejumlah program menarik. Seperti Golden Table dan Golden Voucer dan Golden Stage bagi pelanggan lanjut usia (lansia).
“Di bulan Ramadan ini kami ingin memberi perhatian lebih kepada para pelanggan lansia. Untuk itu kami menyediakan layanan khusus bagi para lansia,” ucap Caroline Kurniadjaja Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.
Program ini akan berlangsung sepanjang bulan Ramadan 2022. Selain itu McDonald’s Indonesia juga menggelar game setiap menjelang waktu berbuka puasa yang memberikan rewards seru setiap hari. Mulai buy one get one, hingga bermacam diskon hingga 40%.
STEVY WIDIA
Discussion about this post