Dukung Pengembangan Usaha Kecil, Pemkot Bandung Gandeng Facebook

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Guna memacu daya saing para pelaku bisnis lokal Bandung ke tingkat global, Pemerintah Kota Bandung menggandeng Facebook. Harapannya, terlebih di era pasar MEA, para pelaku UKM Bandung bisa mendapat kemudahan dalam memasarkan produknya secara online di media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

“Facebook sebagai platform media sosial terbesar di dunia sangat cocok untuk membantu dalam mewujudkan misi kami untuk mempenetrasi pasar ASEAN,” ujar Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, dalam keterangan tertulisnya (14/2/2016).

Sementara itu, Facebook sendiri bukan tanpa alasan menerima kerja sama ini. Medsos terpopuler di dunia itu sedang getol menjalankan program ‘Boost Your Business’ yang sudah diluncurkan tahun lalu di Jakarta. Kampanye yang telah melibatkan lebih dari 350 UKM se-Indonesia ini bakal menyuplai ilmu, keahlian, dan teknologi untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalani.

Salah satu UKM asli Kota Kembang yang dijadikan panutan adalah Brodo. Perusahaan sepatu yang digawangi dua lulusan ITB itu merasakan penjualan hingga 5 kali lipat saat mempromosikan produknya di Facebook. Kini mereka pun secara aktif memanfaatkan Facebook Page untuk mendorong penjualan.

“Saya harap ini bisa menjadi inspirasi untuk Bandung bahwa kita tidak panik, kita tidak pasif, tapi kita siap untuk menjadi proaktif dalam menghadapi kompetisi dari luar negeri,” ujar Ridwan.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA