youngster.id - Untuk mendukung pelaku usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, dompet digital DANA terus pemberdayaan fitur DANA Bisnis. Langkah ini diharpakan dapat mempercepat adopsi teknologi guna meningkatkan kapabilitas serta daya saing bisnis terutama UMKM di era digital ini.
Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengungkapkan, melalui serangkaian inisiatif maupun sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, DANA telah membantu para pelaku UMKM di sejumlah daerah untuk terhubung dengan ekosistem digital.
“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. DANA menyadari betapa pentingnya menjaga keberlangsungan serta mengembangkan sektor ini, terutama di saat-saat sulit seperti sekarang. Untuk itu, perlu adanya perubahan mindset dari semua pihak termasuk pelaku UMKM dengan beralih dari cara-cara konvensional menjadi digital agar bisa beradaptasi dengan berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi,” ungkap Vince dalam keterangannya, Jumat (27/11/2020)
Hingga saat ini, sudah ada 200.000 UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis, fitur khusus yang disediakan bagi dunia usaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Dengan angka ini, berarti terjadi peningkatan sebesar 58% dibandingkan ketika DANA Bisnis diluncurkan tahun lalu.
“DANA berkomitmen dan secara nyata terus mendorong UMKM untuk go digital melalui 3D, yaitu selain diakomodasi dan diakselerasi oleh ‘DANA Bisnis’, para UMKM juga ‘Didampingi’, dan ‘Dipromosikan’ oleh DANA. DANA secara kontinu juga berinisiatif dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mempercepat digitalisasi UMKM, baik melalui fitur-fitur khusus, pelatihan dan seminar, maupun roadshow ke sejumlah daerah untuk mendorong peningkatan inklusi digital.”
DANA Bisnis yang diluncurkan pada 2019 merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline. Dengan DANA Bisnis, pelaku usaha dapat mengajukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui penggunaan QRIS kepada konsumen.
Kemudahan ini ditunjang dengan kehadiran pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan promosi UMKM melalui fitur nearby di aplikasi DANA. Keunggulan lainnya adalah mitra DANA Bisnis dapat menerima pembayaran maupun melakukan penarikan dana secara langsung (real time). Mitra DANA Bisnis juga dapat memperoleh laporan transaksi terkini.
Berdasarkan wilayah, 55% dari total mitra DANA bisnis berada di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Sementara berdasarkan jenis usaha, 61% pengguna DANA Bisnis bergerak di bidang restoran, convenience store, dan pakaian.
DANA juga terus berupaya untuk menjaring lebih banyak pelaku usaha khususnya skala UMKM yang bergabung dengan ekosistem digital melalui DANA Bisnis, termasuk UMKM yang berada di daerah pelosok. Selama masa pandemi Covid-19, DANA telah melakukan program edukasi langsung ke Banyuwangi, Lombok, dan Minahasa Utara untuk membantu digitalisasi UMKM di daerah tersebut.
“Kolaborasi DANA dan ekosistem adalah untuk menghadirkan solusi yang inklusif dan adaptif sehingga UMKM dapat menghadapi beragam kondisi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka. Hal ini juga menjadi komitmen DANA dalam mendukung target pemerintah menjadikan dua juta UMKM terhubung dengan ekosistem digital hingga akhir tahun 2020,” pungkas Vince.
STEVY WIDIA
Discussion about this post