youngster.id - Seiring pesatnya perkembangan e-commerce di Tanah Air, lahir sebuah profesi baru yaitu Shoppertainment. Ini adalah konsep yang mengintegrasikan pengalaman berbelanja, interaksi, hiburan dan teknologi di e-commerce. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang mengakomodir dibalik channel shooppertainment itu.
Livestreaming Lead Lazada Indonesia Partogi Baringbing mengatakan, sejak Lazada meluncurkan fitur dalam aplikasi (in-app feature) pada November 2018, konsep shoppertainment ini diperkenalkan ke masyarakat Indonesia.
“Fitur ini memungkinkan konsumen untuk membeli produk secara live streaming. Konsep ini kemudian berkembang menjadi Laz Live yang merupakan saluran penjualan yang efektif,” kata pria yang akrab di sapa Oggie itu dalam media interview terbatas, Kamis (30/9/2021).
Sejak diluncurkan, LazLive pun berkembang terutama di sejak Pandemi. Dari awalnya 1 program menjadi 6 program tayang setiap hari. Menurut Oggie, Live streaming, gamification, coin & rewards, dan sebagainya, yang tersedia di aplikasi Lazada tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen dalam berbelanja online di Indonesia. “Pada saat yang sama, seluruh fitur ini juga membantu mendorong bisnis untuk tumbuh dalam konsep yang unik dan berbeda,” ujarnya.
Untuk itu, tanggung jawab tim produksi adalah terhadap kualitas produksi dan konten yang terdiri mulai dari talent, materi naskah, eksekusi, pencahayaan, wardrobe, serta masih banyak lagi. Untuk itu dibutuhkan talenta yang beradaptasi dengan cepat, dan kreatif dalam membuat konten live streaming.
“Pekerjaan ini memang menuntut kelincahan bekerja dan mengasah kreativitas. Talent harus paham trending topic yang relevan dan bisa menjadi tema dalam konten livestreaming LazLive. Namun saya jamin, talent akan enjoy dengan lingkungannya yang dinamis, ada banyak kejutan, birokrasinya juga linear,” kata Ogie yang sudah lebih dari 4 tahun mengepalai divisi ini.
Oggie menegaskan, Shoppertainment merupakan sebuah terobosan terbaru yang memiliki kontribusi nyata bagi perkembangan eCommerce dalam membuka cakrawala baru untuk berjualan secara kreatif dengan mengoptimalkan kanal digital yang inovatif dan berdampak signifikan.
“Dari kacamata saya sebagai Livestreaming Lead, saya melihat shoppertainment sebagai sebuah solusi baru yang akan makin mendorong kejayaan eCommerce ke depannya. Live streaming yang merupakan bagian dari shoppertainment telah menjadi game changer di industri e-commerce dan diperkirakan akan terus berkembang,” pungkasnya.
Lazada juga memiliki program ‘Laztalent’, yang diciptakan untuk membuka peluang bagi siapa saja dengan latar belakang apa pun, untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan mereka untuk berinteraksi dan menjadi tuan rumah seperti figur publik. Dengan hanya berbekal ponsel, mereka bisa membantu mempromosikan produk yang dijual di platform Lazada dengan melakukan live streaming. Talenta ini akan mendapatkan insentif saat menyelenggarakan program di LazLive.
STEVY WIDIA
Discussion about this post