Sabtu, 17 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

e-Warong Resmi Dapat IUMK

11 Oktober 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
e-Warong Resmi Dapat IUMK

Mensos Khofifah Indar Parawansa meluncurkan dua unit e-warong KUBE-PKH di Denpasar. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Sosial menandatangani kesepakatan kerja sama pemberian izin usaha mikro kecil (IUMK) kepada e-warong Kelompok Usaha Bersama-Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH).

Kesepakatan ditandatangani oleh Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM Yuana Setyowati dan Dirjen Fakir Miskin Kemensos Andi ZA Dulung di hadapan Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Minggu (9/10/2016) di Denpasar, Bali. Mensos juga sekaligus meluncurkan dua unit e-warong KUBE-PKH di Denpasar.

Yuana mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kedua kementerian pada tahun 2013 lalu tentang pembinaan dan pengembangan KUBE.

“Kesepakatan tentang KUBE selama ini sudah berjalan baik. Sekarang e-warong yang dimiliki oleh KUBE akan diberikan legalitas dalam bentuk IUMK,” jelas Yuana.

Baca juga :   Catat Rekor, Dana Kelolaan BRI-MI Tembus Rp50 Triliun di Akhir 2024

IUMK diberikan secara gratis kepada unit usaha mikro dan kecil oleh camat. IUMK menjadi salah satu program prioritas Kemenkop sehingga usaha mikro dan kecil mendapat legalitas sehingga bisa mendapatkan pembinaan dari Kemenkop sekaligus mendapat Kartu BRI untuk mengakses kredit.

Ketua Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) Neddy Rafinaldi Halim yang memayungi e-warong di seluruh Indonesia mengatakan IUMK dibutuhkan e-warong agar memiliki legalitas izin usaha dan dapat berkembang lebih baik. Saat ini, e-warong KUBE-PKH berjumlah 54 unit di 12 provinsi dan 24 kabupaten/kota. Kemensos menargetkan 300 e-warong akan berdiri pada 2016 dan 3.000 unit pada 2017.

E-warong merupakan program penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu secara nontunai dengan sasaran enam juta KK. Dengan sistem penyaluran nontunai maka mencegah distribusi bansos yang tidak tepat waktu dan tepat sasaran.

Baca juga :   Telkom Gelar Digital Amoeba Bagi Startup Karyawan

Melalui e-warong, masyarakat kurang mampu dapat berbelanja empat kebutuhan pokok bersubsidi menggunakan kartu keluarga sejahtera (KKS), yaitu beras, minyak goreng, terigu, dan gula. Selain itu, di e-warong juga menyediakan gas elpiji tiga kg, pupuk, dan produk subsidi lainnya.

Pembentukan e-warong melalui koperasi ini diharapkan akan meningkatkan kemandirian masyarakat kurang mampu. Neddy juga menambahkan penerima bansos akan menjadi anggota koperasi. Dengan demikian, penerima bansos dapat ditingkatkan dan jumlah masyarakat kurang mampu semakin berkurang.

STEVY WIDIA

Tags: e-warongizin usaha mikro kecil (IUMK)koperasi
Previous Post

Startup Harus Mampu Beri Solusi Pada Masyarakat

Next Post

Pelaku Usaha Harus Optimalkan Manfaat Teknologi

Related Posts

Ayoconnect
Headline

Ayoconnect Dukung Transformasi Digital Koperasi

20 Mei 2023
0
VIDA x OpenBank+
News

Dukung Digitalisasi BPR dan Koperasi, VIDA Gandeng OpenBank+

16 Desember 2022
0
GudangAda
Headline

GudangAda Gandeng Pemprov Jawa Barat Fasilitasi 15 Ribu Koperasi Go Digital

22 September 2022
0
Load More
Next Post
Semangat Kewirausahaan di Indonesia Sangat Tinggi

Pelaku Usaha Harus Optimalkan Manfaat Teknologi

Bekraf Siap Salurkan KUR Rp1 Triliun

Pengusaha Muda Diajak Kelola Industri Prioritas

Tahun 2016 Menjadi Babak Baru Bagi Industri e-Commerce di Indonesia

e-Dagang Harus Antisipasi Lonjakan Harbolnas

Discussion about this post

Recent Updates

Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version