Eden Farm Optimis Kecerdasan Buatan dan Big Data Pacu Pertumbuhan Bisnis Startup

Eden Farm

Tim EdenFarm dan mitra petani (Foto: istimewa)

youngster.id - Belakangan ini analisis big data dan kecerdasan buatan memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis startup. Hal ini diakui oleh Eden Farm, startup agrobisnis.

Founder & CEO Eden Farm David Setyadi Gunawan mengatakan informasi analitik big data yang dikombinasikan dengan analisa kualitatif dari tim perusahaan membantu strategi perencanaan pengadaan produk dan strategi penjualan.

“Bagi Eden Farm, teknologi merupakan komponen perusahaan yang sangat penting dan sangat menunjang proses bisnis. Eden Farm mengalokasikan 30% dari total bujet tahunan untuk pengembangan teknologi dari hulu sampai hilir,” ungkap David dalam keterangannya, Jumat (21/5/2021).

Berdasarkan data Statista, pasar maha data dan analisis bisnis global bernilai US$169 miliar pada 2018 dan diperkirakan tumbuh menjadi US$274 miliar pada 2022. Sementara itu, data Statista juga menuliskan pasar kecerdasan buatan (AI) global diperkirakan akan tumbuh pesat dan mencapai sekitar US$126 miliar pada 2025.

“Semua teknologi yang kita terapkan sangat membantu untuk melakukan perencanaan terutama di momentum Lebaran ini. Bahkan Eden Farm terus mengalami pertumbuhan penjualan di momen lebaran,” lanjut David.

Untuk itu, Eden Farm sedang menjajaki penggunaan internet untuk segala (internet of things) dalam mendukung pertumbuhan di sisi hulu. Dengan tujuan mendorong produktivitas petani binaan Eden Farm. Bahkan, perusahaan biasanya mengalokasikan 30% untuk inovasi teknologi.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version