Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Edtech Cakap Gelar Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pekerja Wisata di NTT dan NTB

8 Desember 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
Edtech Cakap

Edtech Cakap Gelar Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pekerja Wisata di NTT dan NTB (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bekerjasama dengan program Bakti Komino, edtech Cakap menggelar kelas pembelajaran Bahasa Inggris untuk para pelaku wisata di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggatra Barat.

Basofi Hadiyanto, pemateri Edtech Cakap mengungkapkan bahwa selama program ini berlangsung, para siswa menunjukkan antusias dan progres belajar yang baik.

“Sebelumnya siswa kami mampu berbahasa Inggris secara terbatas, karena interaksi dengan turis asing. Setelah mendapat kelas Cakap, mereka mendapatkan pengetahuan untuk percakapan yang lebih terstruktur dengan konteks yang lebih luas,” kata Basofi, Kamis (7/12/2023).

Kelas berlangsung selama 15 sesi (13 sesi diantaranya daring), dan diakhiri dengan ujian praktik yang langsung diawasi guru dari Cakap. Saat ujian, para siswa mempraktikkan materi yang telah mereka dapat, mulai dari menulis (writing) hingga percakapan (conversation). Cakap memberikan sertifikat kepada seluruh siswa yang bisa digunakan sebagai bukti keterampilan mereka di bidang bahasa asing keahlian tertentu, yang bisa berguna dalam mengasah keterampilan bahasa asing terutama Inggris dalam menunjang pekerjaan peserta/siswa yang mayoritas bergerak di bidang pariwisata.

Baca juga :   Cakap Raih Pendanaan Seri B Senilai US$ 10 Juta

Program ini berlangsung selama tiga bulan dengan sejumlah materi silabus yang menyasar pekerja sektor pariwisata. Diantaranya materi percakapan dalam menyambut tamu dan perkenalan diri, memperkenalkan destinasi wisata, hingga menjelaskan adat serta makanan tradisional. Program ini memang menyasar daerah dengan potensi pariwisata tinggi seperti Kabupaten Sikka NTT serta Kabupaten Lombok Utara NTB.

Dua kabupaten yang disasar program ini memiliki potensi dan objek pariwisata yang banyak dikunjungi turis terutama mancanegara. Diantaranya tiga Gili (Air, Meno, Trawangan), yang menyumbang 80% pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lombok Utara (data BPS, 2019). Sementara Kabupaten Sikka yang terletak di Pulau Flores, memiliki banyak potensi mulai dari pantai, gunung hingga wisata religi.

Baca juga :   Aduan Konsumen Jasa Keuangan dan E-Commerce Diprediksi Naik di 2018

Awales Syukur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka, mengakui minimnya keterampilan bahasa asing pelaku industri pariwisata di daerahnya. Sehingga materi pembelajaran bahasa asing terutama Bahasa Inggris bagi pelaku pariwisata, mutlak diperlukan.

“Kebutuhan kita saat ini untuk pelaku pariwisata dan UMKM. Kemampuan Bahasa Inggris (dibutuhkan) dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Kabupaten Sikka,” ujar Awales.

Data selama kurun waktu tiga tahun (2020-2022) menunjukkan, kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke Sikka naik cukup signifikan. Pada 2020 total wisatawan mencapai 14.455, kemudian naik menjadi 21.333 pada tahun 2021 dan hampir dua kali lipat pada tahun 2022 menjadi 41.733 wisatawan (data BPS). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan SDM industri pariwisata termasuk dalam penguasaan bahasa asing menjadi sebuah keharusan.

Baca juga :   Komitmen Jaga Keamanan Data, Edtech Cakap Raih Sertifikasi ISO 27001:2022

 

STEVY WIDIA

Tags: edtech CAKAPpembelajaran Bahasa Inggir untuk pekerja wisata
Previous Post

Luncurkan Belvilla, OYO Hadirkan Ratusan Premium Villa di Indonesia

Next Post

Milenial dan Gen Z Punya Preferensi Berbeda dalam Berbelanja dan Mengelola Keuangan

Related Posts

Cakap x UNDP
News

Kolaborasi dengan UNDP, Cakap Hadirkan Pelatihan Inovatif Untuk Pelajar Di Kota Kupang

18 Oktober 2024
0
Cakap
Headline

Bisnis Edtech Cakap Tumbuh 158% Hingga Kuartal 2 Tahun 2024

14 Agustus 2024
0
edtech Cakap x Trenggalek
News

Dukung Pengembangan SDM di Trenggalek, Edtech Cakap Bagikan 2000 Beasiswa

19 Juli 2024
0
Load More
Next Post
generasi muda

Milenial dan Gen Z Punya Preferensi Berbeda dalam Berbelanja dan Mengelola Keuangan

Titipku - kulitas produk

Kini, Titipku Fokus ke Masalah Kualitas Produk

Accelerice Indonesia

Accelerice Indonesia Umumkan 9 Startup Mengikuti Program FSIA 2023

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version