Ekonomi Kreatif Berpeluang Buka 4,4 Juta Lapangan Kerja di Tahun 2024

ICON2022 Sesi Competing in Creative Economy oleh Menparekraf Sandiaga Uno

ICON2022 Sesi Competing in Creative Economy oleh Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia telah membuka banyak peluang usaha. Untuk itu pemerintah menargetkan industri kreatif dapat membuka 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Tetapi untuk mendapatkan peluang ini masyarakat Indonesia harus bertindak cepat dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung kesempatan yang ada,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dalam acara ICON2022 akhir pekan lalu.

Menurut Sandiaga, sejak pandemi berlangsung selama dua tahun ke belakang ini, perekonomian baik secara global maupun lokal di Indonesia sendiri telah mengalami banyak gempuran dan keterpurukan. Di mana kondisi sosial yang terjadi memaksa masyarakat untuk melakukan segala bentuk aktivitas, termasuk aktivitas ekonomi dalam sebuah tren baru yaitu melalui dunia digital.

“Guna mendorong pemulihan dan pertumbuhan perekonomian nasional, pemerintah haruslah mengambil perannya di dalam ekonomi digital saat ini dengan bergerak lebih cepat, bergerak bersama melakukan kolaborasi untuk memanfaatkan segala momentum pemulihan ekonomi nasional dan harus sigap dalam menggarap semua potensi online yang ada. Karena sekarang life is digital, semuanya serba digital dan karena ekonomi baru kita sekarang ini sangat go digital,” ungkapnya.

Usaha yang telah dilakukan Pemerintah saat ini, terutama dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata telah berhasil memberikan kontribusi nyata yang cukup besar dengan menghasilkan 1,1 juta penciptaan lapangan kerja baru di tahun 2022.

Sandiaga juga menyampaikan bahwa untuk melihat masa depan yang lebih baik, kita perlu untuk melakukan suatu transformasi, oleh karena itulah harus dilakukan upaya menciptakan inovasi baru yang terus dilanjutkan bersama dengan adaptasi dan kemampuan untuk berkolaborasi yang merupakan kunci untuk menuju kesuksesan ekonomi bangsa.

“Saya yakin arahan dari Bapak Presiden Jokowi, kemarin baru disampaikan di World Conference on Creative Economy 2022, ayo ekonomi kita terus berkreasi, berinovasi, dan wujudkan kolaborasi. Inilah waktunya kita untuk melakukan suatu tranformasi, dan saya yakin Indonesia di bawah Presiden Jokowi sudah melakukan transformasi,” pungkas Sandiaga.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version