Eksibisi Esports Perdana di PON XX Papua 2021

Eksibisi Esports PON XX Papua 2021

Konferensi Pers Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Esports telah ditetapkan menjadi salah satu dari 10 cabang yang akan mengikuti Eksibisi PON XX 2021. Untuk itu, Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) secara resmi menyampaikan dibukanya pendaftaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021.

Gelaran Eksbisi Esports PON XX Papua pun secara langsung menggandeng game publisher untuk bekerjasama. Frengky Ong, Sekretaris Jenderal PBESI mengatakan, penyelenggaraan gim pada eksibisi pertama ini dilakukan secara swadaya.

“Masing-masing game publisher dari gim yang dimainkan yaitu, Free Fire, eFootball PES dan Mobile Legends akan bertanggungjawab dan mendanai produknya masing-masing,” kata Frengky dalam keterangan pers, Selasa (24/8/2021).

Pendaftaran dibuka untuk semua pemain esports yang kemudian akan mewakili tempat asal mereka. Melalui konferensi pers Rabu sore, disebutkan juga bahwa pendaftaran dan seluruh rangkaian kegiatan Eksibisi Esports akan dapat diakses melalui satu platform yaitu www.garudaku.com.

Wadah ini merupakan hasil cipta karya anak bangsa yang dimaksudkan untuk dapat menjadi pusat informasi penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX. Karena fitur-fitur seperti jadwal tabel pertandingan, hasil kualifikasi, grup dan informasi terkait akan di-update di sini. Tidak hanya itu, Garudaku juga akan berfungsi sebagai pusat database seluruh stakeholders esports di Indonesia.

Hal ini tentu menjadi angin segar di tengah menanjaknya popularitas industri esports di tanah air. Seluruh indusri akan dapat memiliki akses informasi jelas dan terpecaya untuk saling menumbuhkan sisi industri dan komunitas serta ekosistem di dalamnya.

Sebagai salah satu stakeholder di yang juga mendukung pelaksanaan eksibisi esports, UniPin optimis dukungan pemerintah akan membantu ekosistem esports tumbuh lebih besar. Debora Imanuella, Senior Vice President UniPin Community mengatakan, pihaknya percaya upaya pemerintah merangkul segala pihak akan mewujudkan eksosistem esports Indonesia yang lebih baik.

“Kami secara penuh mendukung dan akan turut meramaikan serta mensukseskan Eksibisi Esports PON XX Papua. Momen ini perlu kita manfaatkan sebesar-besarnya oleh semua stakeholder esports di Indonesia agar dapat semakin mendorong kemajuan olahraga maupun industri ini di tanah air,” tambah Debora lagi.

Sementara itu, Eksibisi Esports PON XX Papua akan diselenggarakan pada tanggal 22-26 September dengan lokasi di Stadium Hoki Indoor Doyo Baru, Jayapura. Sebelum itu, akan ada dua babak seleksi yaitu Babak Kualifikasi pada tanggal 26 Agustus – 5 September dan tahapan Pra-PON pada 7-14 September 2021.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version