youngster.id - Menandai ekspansi ke kawasan Asia Pasifik, platform customer engagement Brace meluncurkan data center pertamanya di Indonesia dalam mendukung bisnis lokal melalui solusi customer engagement. Peluncuran ini menyusul pembukaan kantor Braze di Jakarta pada September 2023.
Franz Sihaloho, Country Director Braze Indonesia mengatakan, peluncuran data center ini mempertegas komitmen jangka panjang Braze di Indonesia dalam mendukung pertumbuhan bisnis dan tujuan pemerintah.
“Investasi ini akan membantu perusahaan Indonesia meningkatkan customer engagement dengan lebih aman, sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan infrastruktur dan talenta digital yang lebih luas di Indonesia,” kata Franz, dikutip Rabu (11/6/2025).
Pemerintah Indonesia memiliki target untuk meningkatkan Daya Saing Digital Indonesia dari peringkat 51 di tahun 2022 menjadi peringkat 20 di tahun 2045, dengan kontribusi ekonomi digital mencapai 20% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk mencapai visi tersebut, pemerintah harus memprioritaskan infrastruktur digital yang handal dan aman. Kehadiran data center lokal berperan penting dalam membantu bisnis beroperasi dengan latensi yang lebih rendah, kepatuhan yang lebih baik, dan kepercayaan pelanggan yang lebih besar.
Braze memungkinkan berbagai bisnis, mulai dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga korporasi, memanfaatkan kemampuan AI milik Braze untuk menghadirkan layanan personalisasi dan real time sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal, serta memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi data.
Shahid Nizami, Vice President Braze untuk Asia-Pasifik (APAC) dan Gulf Cooperation Council (GCC) menambahkan, dipercayai oleh pelanggan di lebih dari 75 negara, Braze menggabungkan keahlian global dengan pemahaman lokal untuk menciptakan customer engagement yang berdampak melalui teknologi AI terdepan. Dari Canva, Sephora SEA, hingga Bank Digital BCA, Braze memberdayakan perusahaan di APAC dalam retensi pelanggan, mendorong pendapatan, memperpanjang nilai seumur hidup pelanggan, serta membangun kepercayaan dalam setiap interaksi.
“Karena setiap wilayah memiliki persyaratan data yang unik dan lanskap regulasi yang terus berkembang, kami ingin memberikan infrastruktur lokal yang dibutuhkan oleh bisnis untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna,” ungkap Shahid.
Peluncuran ini menandai babak baru bagi Braze di Indonesia. Dengan menyediakan data center lokal yang aman untuk pelanggan, Braze memberdayakan perusahaan dalam menavigasi regulasi yang terus berkembang. Braze juga menghadirkan customer engagement yang dipersonalisasi dan berdampak, baik di tingkat lokal maupun global, melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin.
STEVY WIDIA
Discussion about this post