Empat Fitur “Smart” Ponsel Untuk Mendukung Aktivitasmu

Idealnya ponsel cerdas memiliki empat fitur dasar "smart" (Foto: Istimewa)

youngster.id - Smartphone atau ponsel cerdas sudah selayaknya memberikan fitur-fitur pintar yang tidak dimiliki oleh feature phone. Seringkali fitur-fitur menarik yang telah disediakan di smartphone justru tidak terpakai karena ketidaktahuan penggunanya.

Nah, selama kondisi #BetterAtHome, mungkin kamu lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga bisa punya waktu untuk mengutak-atik perangkatmu agar pemanfaatannya lebih optimal.

Di smartphone model terkini, seharusnya telah memiliki empat fitur dasar “smart” agar bisa disebut sebagai ponsel pintar. Berikut emapt fitur dasar “smart” dari sebuah smartphone:

  1. Asisten Cerdas yang Cekatan dan Efisien

Smartphone berbasis Android model kekinian seharusnya sudah menyertakan asisten cerdas buat penggunanya. Dengan adanya asisten cerdas atau Smart Assistant akan membantu kamu untuk membuka aplikasi di dalam ponsel dengan cepat.

Fitur ini menggabungkan informasi seperti Cuaca, Langkah-langkah Tracker, dan Acara dalam satu halaman. Dengan adanya kontak favorit, kamu bisa dengan cepat memanggil nomor telepon seseorang hanya dengan satu ketukan. Kamu juga bisa mengatur aplikasi yang sering digunakan agar bisa dimasukkan ke dalam asisten cerdas.

  1. Mendukung Multitasking dengan Cepat

Agar smartphone dapat melakukan multitasking dengan cepat maka diperlukan fitur cerdas berupa Smart SidebarFitur ini yang cukup simpel dan berguna untuk mempercepat pencarian file, membuka aplikasi kamera, album foto, tampilan layar (screenshot), rekaman aktivitas di layar (Screen Recording), atau aplikasi media sosial seperti YouTube, Facebook, atau Instagram, yang sering kamu pakai sehari-hari.

  1. Membantu Untuk Berkendara dengan Aman

Teknologi seperti smartphone seharusnya juga membantu kamu agar bisa berkendara lebih aman dan nyaman. Selain bisa menampilkan aplikasi peta digital seperti Google Maps atau Waze, smartphone modern rata-rata juga telah menyertakan fitur Smart Driving. Buat kamu yang sering mengendarai mobil sendiri, maka fitur ini wajib diaktifkan. Sejatinya, Smart Driving ini berupa fitur keselamatan ini untuk mencegah kebiasaan menyetir sambil membuka ponsel.

Saat fitur ini diaktifkan maka akan memblokir notifikasi dan pesan. Sebaliknya, kamu bisa menjawab panggilan telepon atau mengakhirinya cukup melalui kontrol suara. Jadi kamu bisa lebih fokus melihat jalan dan terhindar dari bahaya kecelakaan. Misalnya di OPPO A12, untuk mengaktifkannya pun cukup mudah, buka menu [Settings] > [Smart & Convenient] > [Smart Driving] lalu mengetuk [Turn On Smart Driving] sehingga di bagian pojok kanan atas layar akan ikon yang menandakan fitur aktif. Buat kamu yang berkendara motor, ada juga fitur Riding Mode yang fungsinya mirip Smart Driving.

  1. Asisten Pintar untuk Memenangkan Mobile Game

Nah, buat yang hobi nge-game, rasanya fitur Game Assistant yang merupakan bagian dari Game Space ini wajib diaktifkan. Jadi ketika bermain game, kamu bisa lebih fokus bermain tanpa terganggu notifikasi, panggilan telepon atau pesan yang muncul di layar. Untuk mengaktifkannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu [Settings] > [Game Space] > lalu aktifkan ikon [Game Assistant] agar menyala hijau. Game Assistant ini juga menyediakan fasilitas Play AFK untuk membuka layar yang terkunci agar terbuka dengan cepat. Di sini, kamu juga bisa mengecek level daya baterai yang tersisa saat bermain game.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version