Facebook Akuisisi Perusahaan Pembuat Teknologi Pemetaan

Teknologi pemetaan dari Mapillary. (Foto: istimewa)

youngster.id - Facebook Inc mengakuisisi perusahaan pembuat teknologi pemetaan asal Swedia, Mapillary. Teknologi pemetaan ini akan mendukung produk-produk Facebook seperti kacamata augmented reality dan headset realitas virtual.

Facebook mengakuisisi Mapillary, seperti dilansir dari Gadgets Now, Sabtu (20/6/2020), tanpa menyebutkan nilai dari kesepakatan bisnis tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) Mapillary, Jan Erik Solem, mengatakan, teknologi perusahaannya akan digunakan untuk menggerakkan produk seperti Facebook Marketplace dan memasok data ke organisasi kemanusiaan.

Perusahaan rintisan atau startup yang berbasis di Malmo tersebut, diketahui mengembangkan teknologi yang mampu memecahkan salah satu masalah paling mahal dalam sistem pemetaan. Mereka juga mengumpulkan gambar dari puluhan ribu kontributor untuk membangun sistem pemetaan yang mendalam dan terkini.

Mapillary sukses mengembangkan sistem pemetaan yang dapat terus diperbarui dengan informasi lengkap tentang rambu, alamat, dan informasi lain yang dapat diamati langsung oleh penggunanya di jalan. Mereka memiliki kemampuan untuk memilah sumber gambar, serta menganalisa gambar yang disumbangkan dari ponsel pintar dan jenis kamera lainnya, dan menggunakan teknologi ‘visi komputer’ untuk menyatukannya menjadi peta tiga dimensi.

Banyak kalangan yang menganggap bahwa teknologi Mapillary sebagai kunci informasi untuk pengembangan teknologi kendaraan swa-kemudi atau self-driving. Namun, juru bicara Facebook mengatakan, teknologi pemetaan ini juga akan mendukung produk-produk Facebook yang sedang dikembangkan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version