Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Facebook Siap Dukung UKM Lokal

8 Oktober 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Facebook Siap Dukung UKM Lokal

Facebook menilai makin banyaknya startup dan merek lokal yang berani dan mampu menembus pasar luar negeri. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia mendapat dukungan dari berbagai pihak. Facebook termasuk yang berkomitmen untuk mendukung hal itu dengan pertumbuhan UKM lokal dengan menggunakan kekuatan mobile.

SMB Lead Indonesia, Waizly Darwin mengatakan, perkembangan internet yang semakin maju dan penetrasi ponsel pintar yang semakin masif membuat mobile menjadi kekuatan baru dalam berbagai industri.Dan salah satu yang menjadi andalan adalah sektor Usaha Menengah dan Kecil (UKM). “Untuk itulah, sebagai platform jejaring sosial terbesar, Facebook menawarkan banyak fitur untuk pengembangan bisnis UKM tersebut,” ucap Waizly Darwin, SMB Lead Indonesia dalam jumpa pers di Jakarta baru-baru ini.

Ia mengatakan setidaknya ada tiga tren yang patut direspons oleh Facebook. Pertama, banyak pedagang UKM seperti di Tanah Abang yang mulai memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk-produk mereka. Mereka, sambung Waizly, mulai hadir di Facebook, Instagram, dan sebagainya untuk pemasaran produk.

Baca juga :   PajakPay, Pembayaran Pajak Dalam Jaringan

Tren kedua, banyak pengusaha lokal dan kecil yang mulai sadar akan merek. “Ada tren membangun merek-merek Indie yang kuat dan mulai diperhitungkan dan tak kalah menarik dengan merek-merek besar. Ini patut disambut positif,” ujar Waizly.

Tren ketiga, makin banyaknya startup-startup maupun merek-merek lokal yang berani dan mampu menembus pasar luar negeri. Waizly mencontohkan, Matoa Indonesia, Brodo, dan Bridestory.

“Dari ketiga tren tersebut, paling tidak ada kesadaran besar di kalangan UKM untuk membangun kehadiran di mobile. Untuk apa? Untuk membangun customer engagement , membangun citra merek, dan memperluas jangkauan pasar, khususnya audiens yang relevan dengan bisnis mereka,” kata Waizly.

Sebab itu, Facebook menyediakan fitur dan platform bagi UMK untuk mengembangkan bisnis mereka. Iqbal Maulana, Konsultan UKM Advertisa membenarkan pernyataan itu. Saat ini, menurutnya, banyak UKM sukses setelah menggunakan Facebook Pages sebagai etalase bisnis hingga memahami pelanggan mereka. Fitur Ads Manager bisa digunakan untuk menargetkan iklan pengguna pada audience yang lebih spesifik. Melalui fitur ini pengguna dapat melihat seberapa besar audience melihat iklannya dan dapat mengetahui apa saja iklan yang disukai audience.

Baca juga :   Curhatan Netizen, Program Facebook Untuk Hindari Jebakan Phising

Facebook juga melakukan workshop ke beberapa daerah untuk meningkatkan pengetahuan bisnis mobile dan memberikan edukasi bisnis bagi UKM di Indonesia.

Sementara itu, Nadia Tan mengatakan bahwa penelitian menunjukkan UKM di Indonesia hampir 60 juta, namun hanya 15 juta yang memiliki online presence. Hal ini menunjukkan potensi besar untuk UKM menumbuhkan bisnis mereka di dalam dan luar negeri melalui mobile.

“Dengan 264 juta pengguna Facebook di Asia Tenggara, 88 juta pengguna di Indonesia, kami berkomitmen untuk membantu UKM di Indonesia membangun mobile presence sebagai cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan dan menumbuhkan bisnis mereka,” kata Nadia.

FAHRUL ANWAR

Tags: FacebookUKM lokal
Previous Post

Industri Digital Diminta Fokus Pada Aplikasi

Next Post

Telkomsel Beri Sarana Komunikasi Bagi Aparat Di Natuna

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
Kampanye #BertemudiMeta
News

Meta Gelar Berbagai Program Untuk Hubungkan Bisnis dan Komunitas Di Ranah Digital

4 Mei 2023
0
Facebook User
Analyze

Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Terus Bertambah

3 April 2023
0
Load More
Next Post
Telkomsel Perluas Jaringan di Natuna dan Anambas

Telkomsel Beri Sarana Komunikasi Bagi Aparat Di Natuna

elevenia Fasilitasi UMKM Batik Pasarkan Produknya

elevenia Fasilitasi UMKM Batik Pasarkan Produknya

Siswa SMK Muhammadiyah Juarai Cisco Networking Academy

Siswa SMK Muhammadiyah Juarai Cisco Networking Academy

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version