Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Facebook Sudah Siap Hadapi Ramadan

6 Maret 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
Facebook Hadirkan Solusi Iklan Berbasis Messenger

Country Manager Facebook Indonesia Sri Widowati. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Facebook menyadari pentingnya perayaan bulan Ramadan bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan berbasis media sosial itu sudah mengumpulkan data mengenai kebiasaan penggunaan pada bulan suci tersebut. Berbekal data ini, pelaku usaha diharapkan dapat mengembangkan lini bisnisnya.

“Kenapa kami pilih beberkan fakta ini sekarang, sebab Ramadan merupakan bulan istimewa dan ada perubahan perilaku pengguna. Karena itu, pelaku bisnis bisa mempersiapkan diri lebih awal,” tutur Sri Widowati Country Director Facebook Indonesia baru-baru ini.

Menurut dia, salah satu perubahan perilaku pengguna saat bulan Ramadan adalah kebiasaan untuk lebih banyak berhubungan dengan orang lain. Tak hanya kerabat atau teman dekat, biasanya pengguna juga berupaya terhubung dengan orang yang sudah lama tak berjumpa.
“Di bulan Ramadan ini, menurut data Facebook, pengguna semakin sosial dengan lebih sering berhubungan dengan teman, keluarga, termasuk komunitas,” tuturnya menjelaskan.

Baca juga :   Gizi Saat Remaja Tentukan Kualitas Hidup di Masa Depan

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna juga lebih banyak memakai perangkat mobile sebagai andalan. Hal itu ditunjukkan dengan data unggahan di sepanjang Ramadan 2017 mayoritas berasal dari perangkat mobile.

“Unggahan yang dilakukan juga dua kali lebih banyak jika dibandingkan sebelum dan sesudah Ramadan. Hal ini menunjukkan pengguna lebih banyak berbagi di bulan Ramadan,” ujarnya.

Berdasarkan data internal Facebook, unggahan berupa video naik hingga 19 persen dibandingkan sebelum dan sesudah Ramadan 2017. Bersamaan dengan itu, peningkatan waktu menonton selama Ramadan 2017 dibanding 2016 mencapai lebih dari 74%.

“Di Ramadan juga, TV menjadi salah satu pusat berkumpulnya keluarga. Namun, memang kegiatan itu sepenuhnya menyaksikan TV, tapi dibarengi dengan beraktivitas di smartphone, yang dikenal sebagai multi-screening,” ucapnya.

Baca juga :   Tips Membuat Video Dengan Teknik Visual Storytelling Versi Joko Anwar

Dengan data tersebut, pelaku bisnis dapat memanfaatkan solusi yang ditawarkan Facebook melalui platformnya. Harapannya, mereka dapat meningkatkan kesadaran dan dampak dari merek yang ditawarkan terhadap target. “Pelaku bisnis dapat memanfaatkan konten video untuk mengiklankan produknya selama Ramadan, sebab memang konsumsi video di bulan ini memang meningkat,” tutur Sri.

Tak hanya video, platform Facebook juga dapat dapat mendukung sinkronisasi dengan TV. Sri menuturkan, sinkronisasi ini membuka kesempatan untuk menjangkau pasar lebih luas, baik dari pengguna Facebook termasuk TV.

“Melalui sinkronisasi ini, pelaku bisnis dapat memperluas jangkauannya sekaligus menawarkan efisiensi biaya. Tak hanya itu, dampak dari kolaborasi ini telah membuktikan peningkatan kesadaran terhadap sebuah produk,” ujarnya.

Baca juga :   Awas, Penipuan Galang Dana Seliweran di Facebook

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat memanfaatkan iklan Click-to-Messenger. Melalui solusi ini, pengiklan dapat menggunakan Messenger untuk langsung berkomunikasi dengan pelanggan.

Hal ini berlaku untuk Facebook dan Instagram. Khusus untuk Instagram, Sri mengatakan fitur Stories memiliki potensi yang luar biasa. Hal itu tak lepas dari adopsi Instagram Stories di Indonesia yang begitu cepat dan menjadi salah satu yang terbesar.

“Dengan Instagram Stories, video yang ditampilkan akan mengambil alih seluruh layar smartphone. Jadi, akan memberikan efek yang lebih mendalam dan mencuri perhatian dari pengguna,” tuturnya.

“Pengguna dapat langsung melakukan komunikasi lebih lanjut mengenai iklan yang ditampilkan di platform Facebook dan Instagram. Cara ini terbilang ampuh juga untuk meningkatkan kepercayaan dari para calon konsumen,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Click-to-messengerFacebookinstagramRamadhan
Previous Post

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Ditargetkan Selesai 2020

Next Post

Tokopedia Bersama Bareksa Hadirkan Reksa Dana Online

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
YouTube Perluas Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia
News

YouTube dan Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Indonesia

29 Agustus 2025
0
Instagram Reels
News

Instagram Rilis Fitur Link di Reels, Memungkinan Kreator Punya Serangkaian Video

26 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Tokopedia Tingkatkan Transaksi Online Lewat Kartu Hadiah

Tokopedia Bersama Bareksa Hadirkan Reksa Dana Online

Tiket.com Akan Luncurkan Fitur Pembayaran Kredit Tanpa Kartu

Tiket.com Akan Luncurkan Fitur Pembayaran Kredit Tanpa Kartu

Inilah Pemenang Shopee Campus Competition 2017

Shopee Campus Competition 2018 Hadir Kembali

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version