Munculnya Generattive AI dan Artinya Bagi Industri Komunikasi

kompetisi AI

Dorong Kreatifitas Masyarakat, KORIKA Gelar Kompetisi AI (Foto: ilustrasi) (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan telah menjadi sorotan pada tahun 2023 berkat munculnya alat generatif seperti ChatGPT, Bing Chat, dan Google’s Bard, bersama pembuat gambar DALLE-2 dan Midjourney.

Untuk memahami laju pertumbuhan AI ini kita dapat melihat ChatGPT, yang pada bulan Januari tahun ini melampaui 100 juta pengguna aktif, menjadikannya aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. Sebagai perbandingan, TikTok membutuhkan sembilan bulan dan Instagram dua setengah tahun untuk mencapai tonggak sejarah 100 juta yang sama.

Generative AI dengan cepat menyerap ke banyak sektor dan industri yang berbeda, dan dunia komunikasi – yang didorong oleh kata-kata dan gambar. Seiring meningkatnya adopsi, penciptaan media sintetik (teks, seni, video, dan audio) yang semakin banyak juga meningkat. Sementara itu, karena pembuat konten ini semakin banyak tersedia untuk eksperimen dan pengembangan produk, memahami bagaimana media sintetik dapat melengkapi kecerdasan manusia yang diperlukan untuk komunikasi yang efektif menjadi sangat penting.

Teknologi yang berkembang pesat ini—dan sudah kontroversial—akan berdampak signifikan pada industri komunikasi. Pada tahun 2023 dan seterusnya, komunikator strategis dan profesional PR harus memahami peluang dan tantangan Generative AI dan media sintetik yang ada. Industri komunikasi yang lebih luas juga memiliki tanggung jawab untuk memastikannya menggunakan AI dengan cara yang etis dan bertanggung jawab, sekaligus melindungi dan berinvestasi dalam kreativitas yang dipimpin manusia dan pengembangan profesional.

Apa yang Bisa Dilakukan Generative AI?

Teknologi AI dapat diterapkan secara efektif untuk mendukung cara para profesional PR melakukan tugas-tugas rutin seperti mengembangkan kerangka kerja untuk siaran pers, pengumuman, atau salinan katalog/e-commerce, memasukkan kata kunci SEO ke dalam konten, menghasilkan daftar outlet media dan jurnalis untuk ditargetkan, dan bahkan memprediksi kesuksesan pitching.

Merek juga dapat melangkah lebih jauh dengan menggunakan alat AI untuk menghasilkan versi audio siaran pers atau konten web, atau mendukung aksesibilitas konten melalui fitur text-to-speech, sehingga memungkinkan mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan untuk berkomunikasi. Generative AI juga sekarang dimasukkan ke dalam banyak platform penerbitan media sosial, memungkinkan pengguna membuat teks dan gambar untuk dipublikasikan di seluruh saluran merek

Tetapi pembuat konten AI bukan hanya alat yang melakukan tugas yang ada dengan lebih baik: mereka juga memiliki potensi untuk melakukan hal yang sama sekali baru dengan konten. Salah satu contohnya adalah pendekatan BBC untuk membuat “media fleksibel” melalui AI, di mana konten dikirimkan kepada pengguna secara dinamis berdasarkan lingkungan mereka. Artikel berita di ponsel cerdas dapat berubah antara teks, video, atau audio, memungkinkan penerbit untuk menceritakan kisah dengan cara yang berbeda kepada audiens yang berbeda. AI menangani pembuatan versi berbeda dari cerita yang sama.

Bagi komunikator, tetap mengikuti tren AI dan bagaimana organisasi media dan merek menerapkan teknologi ini akan sangat penting untuk tetap kompetitif.

Pembeli, Waspadalah

Meskipun potensi AI untuk membentuk kembali PR sangat signifikan, ada banyak cara yang dapat mengganggu dan berpotensi membahayakan. Alat AI “dilatih” pada kumpulan data spesifik dan historis, banyak di antaranya dapat menjadi masalah dalam menyajikan konten yang bermakna karena AI pada dasarnya “menebak” respons terbaik berikutnya untuk permintaan berdasarkan data tersebut. Tebakan itu hanya sebaik data yang telah dilatihnya. Dengan mengingat hal itu, tim komunikasi perlu memastikan bahwa data mereka cukup kuat untuk diselaraskan dengan tugas yang diminta oleh AI.

Bayangkan jika aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pembuat konten menulis salinan pemasaran hanya dilatih di platform sosial seperti Twitter dan konten Facebook untuk publik. Itu hanya akan membuat konten berdasarkan cara merek lain telah berkomunikasi di media sosial (berkat set pelatihannya yang terbatas). Bahayanya terletak pada memindahkan hasil yang dihasilkan AI tersebut ke situasi atau kasus penggunaan lain.

Sejatinya, masih banyak jalan yang harus dilalui sebelum pembuat konten AI – baik dalam bentuk chatbot yang dirancang untuk meniru percakapan atau alat untuk membuat teks bentuk panjang – dapat diandalkan untuk menyampaikan konten yang akurat dan faktual.

Untuk alasan ini, manusia yang berinteraksi dengan generator media sintetik perlu memperhatikan petunjuk yang mereka gunakan untuk mendapatkan tanggapan. ChatGPT membutuhkan permintaan kualitas yang baik untuk menghasilkan keluaran berkualitas baik. Dan itu tidak dapat membantu Anda jika Anda secara keliru memberinya informasi yang salah.

Bahasa atau citra yang digunakan dalam permintaan juga dapat menyertakan bias yang tidak disadari—dan dapat menyesatkan alat tingkat profesional. Meskipun peningkatan kemungkinan akan dilakukan untuk membatasi falibilitas kueri, mengambil inisiatif untuk mempelajari dan memahami praktik terbaik akan menuai manfaat terbesar dari teknologi ini.

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Generative AI 

Meningkatkan Bukan Mengganti Kreativitas Manusia

Saat AI menjadi lebih umum, praktisi PR perlu menyadari manfaat dan peringatan yang diberikan oleh inovasi dalam AI. Untuk aplikasi yang paling efektif dari teknologi baru ini, unsur manusia akan terus menjadi penting.

Seseorang mungkin menggunakan solusi perangkat lunak yang didukung AI untuk menulis garis besar studi kasus atau siaran pers, atau untuk menghasilkan citra media sosial dengan potensi terbesar untuk keterlibatan konsumen, misalnya. Tetapi untuk menjamin akurasi, konten semacam itu masih perlu ditinjau, diperiksa, dan dioptimalkan oleh manusia dengan keahlian materi pelajaran.

Ingatlah bahwa alat seperti ChatGPT dapat membaca pertanyaan Anda dan memberikan tanggapan, tetapi mereka tidak akan memahami konteksnya. Meskipun tampaknya Anda melakukan percakapan seperti manusia dengan chatbot, itu hanya memberikan tanggapan berdasarkan apa yang dikatakan oleh data yang ada bahwa itu harus menjadi tanggapan berikutnya. ChatGPT tidak dapat berpikir atau menafsirkan ide, juga tidak dapat melampaui apa yang telah dibuat pada suatu topik. Jadi karena alasan itu, ia tidak memiliki kemampuan untuk melampaui kemampuan manusia.

Namun, AI dapat membantu Anda menghasilkan jawaban jika Anda mengajukan pertanyaan yang tepat. Misalnya, minta AI untuk sekadar menulis siaran pers dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan sesuatu yang rutin dan tidak menarik. Apakah ini siaran pers produk? Siapa penontonnya? Dan siapa pesaing utamanya? Kekhususan pertanyaan, ditambah dengan kumpulan pelatihan data yang tepat, akan memberikan hasil yang lebih baik.

Apa pun kasus penggunaannya, AI, jika digunakan secara bertanggung jawab dan hati-hati, dengan panduan tangan manusia, dapat memberdayakan praktisi untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. dan linguistik komputasi untuk secara sistematis mengidentifikasi dan mengukur informasi subyektif seperti positif atau negatif.

 

PUTNEY CLOOS – Chief Marketing Officer Cision

Exit mobile version