youngster.id - Perempuan Indonesia memiliki keinginan dan potensi untuk mengaktualisasikan dirinya, salah satunya dengan memiliki bisnis sendiri. Dalam hal ini, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh perempuan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, lebih dari 60 % atau sekitar 37 juta UMKM Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan, dimana kurang lebih 10 juta UMKM bergerak di bisnis kuliner.
Hal ini mendorong Sunlight bersama Tokopedia menggelar Festival Foodpreneur Bersinar. Program ini tak hanya memberikan wadah untuk berjualan dan mempromosikan produk UMKM kuliner, tetapi juga serangkaian edukasi yang berguna dalam mengembangkan usaha kulinernya.
Anggya Kumala selaku Head of Dishwash Category Unilever Indonesia menyampaikan, Sunlight secara konsisten menjalankan purpose atau tujuan mulia dalam menginspirasi dan mendorong perempuan Indonesia untuk selalu bisa lebih dengan mendorong mereka mengembangkan potensi diri menjadi pengusaha kuliner. Untuk itu, Sunlight mendukung perempuan Indonesia untuk bisa lebih berdaya melalui usaha kuliner.
“Sunlight berkomitmen untuk menjangkau 5 juta perempuan hingga tahun 2022 melalui kegiatan edukatif yang mendorong potensi mereka menjadi pengusaha kuliner, dan program Festival Foodpreneur Bersinar ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sunlight serta merupakan kelanjutan dari serangkaian upaya pemberdayaan perempuan yang telah secara konsisten dilakukan Sunlight sejak lama,” kata Anggya dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/9/2021).
Rangkaian program Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung sejak bulan Juli 2021, dimana semua pelaku UMKM kuliner di Tokopedia di undang untuk mengikuti acara ini. Selanjutnya di bulan Agustus dilaksanakan rangkaian kelas edukasi dan pengembangan bisnis. Puncak acara ini adalah Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung selama bulan September di Tokopedia Nyam.
“Kolaborasi lintas sektor merupakan kunci penting dalam mendorong pemberdayaan perempuan di Indonesia. Kami berharap program Festival Foodpreneur Bersinar ini bisa menginspirasi dan membuka lebih banyak peluang bagi para perempuan Indonesia untuk selalu bisa lebih dalam mengoptimalisasi potensi diri,” ungkap Anggya lagi.
Sebanyak 25.000 UMKM yang turut serta dalam festival ini akan dibekali serangkaian akses pengetahuan mengenai pengembangan bisnis kuliner mulai dari kelas food photography hingga tips dan trik berjualan makanan.
Head of Category Development (FMCG) Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, menyampaikan, kolaborasi antara Tokopedia dengan Sunlight melalui program Festival Foodpreneur Bersinar untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha, termasuk perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kuliner, terutama di tengah pandemi.
“Tokopedia selalu percaya bahwa penjual yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena mereka terbukti berhasil mempertahankan kelangsungan bisnis dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga,” tambahnya.
Pranidhana juga mengungkapkan, sektor kuliner merupakan salah satu sektor yang terus digemari masyarakat bahkan di tengah pandemi. Tokopedia sendiri mencatat jumlah transaksi lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 5 kali lipat selama kuartal II/2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Tak hanya itu, Sunlight juga bekerjasama dengan Amartha untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan para UMKM perempuan di bidang kuliner melalui pendampingan program digitalisasi. Selain itu, hampir 4.000 UMKM kuliner dalam Tokopedia Nyam akan dipromosikan secara khusus selama Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung, sehingga diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal dan menikmati produk kuliner mereka.
STEVY WIDIA
Discussion about this post