Fintech Modalku Perketat Pemberian Pinjaman

Modalku

Reynold Wijaya dan Iwan Kurniawan co-founder dari Modalku. (Foto: istimewayoungster.id)

youngster.id - Perusahaan fintech lending Modalku memperketat penyaluran pinjaman. Sejak awal tahun, perusahaan telah menyalurkan kredit Rp 4 triliun kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) pada platform Modalku mencapai 1% saat pandemi corona.

Co-Founder sekaligus COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, kenaikan NPL dari 0,5% menjadi 1% tidak terlalu besar. Hal ini mengingat besarannya sama seperti tiga tahun lalu, saat Modalku berdiri. Tetapi untuk mengantisipasi itu, Modalku akan memperketat pemberian pinjaman. Meskipun, pengajuan kredit meningkat dari 1 juta menjadi 2,5 juta saat pandemi virus corona.

“Kami akan selektif dalam pemberian pinjaman. Kami lihat kondisi (calon) peminjam,” kata Iwan dalam keterangannya, Kamis (30/7/2020).

Modalku pun berfokus mengincar UMKM yang berjualan online di e-commerce maupun platform seperti Gojek dan Grab. Sebab, perusahaan dapat menganalisis data-data penjualannya, guna mengukur risiko.

Sejak April lalu, perusahaan juga memberikan restrukturisasi pinjaman untuk meringankan beban para peminjam yang terpukul pandemi Covid-19. Keringanan yang diberikan berupa penyesuaian batasan pinjaman dan perpanjangan tenor. “Penyesuaian ini akan dilakukan kasus per kasus,” ujar Co-founder sekaligus CEO Modalku Reynold Wijaya.

Sampai pertengahan Juli lalu, sudah ada sekitar 2% peminjam aktif Modalku yang mengajukan restrukturisasi dan diproses oleh tim. Sebagian besar karena adanya penurunan omzet. “Dengan asas responsible lending, kami akan terus menjalankan langkah seleksi yang komprehensif, program restrukturisasi, serta mendukung sektor kesehatan,” katanya.
Total penyaluran pinjaman oleh Modalku mencapai Rp 15 triliun sejak pertama kali berdiri pada 2016. Kredit ini mencakup wilayah operasional Modalku di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

STEVY WIDIA

Exit mobile version