youngster.id - Di era serba digital, transaksi berupa transfer uang menjadi hal yang lumrah. Namun yang kerap menjadi kenadalah adalah dalam transaksi ini adalah kesalahan nomor rekening. Hal ini mendorong Flip, startup penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi meluncurkan fitur Minta Uang.
VP of Product & Design Flip Sourabh Gupta mengatakan, fitur ini merupakan salah satu upaya Flip dalam meningkatkan kenyamanan pengguna untuk menerima uang dari pengguna lainnya dan melakukan pemantauan atas penerimaan transfer uang tersebut.
“Kami menyadari bahwa terdapat berbagai kendala yang dihadapi pengguna dalam melakukan transfer uang. Sebagai perusahaan yang mengutamakan pelanggan (customer centric), Flip berinovasi meluncurkan fitur Minta Uang demi mempersingkat serta mempermudah proses transfer uang dengan hanya menggunakan satu tautan (link),” papar Sourabh dalam keterangan pers, Kamis (13/10/2022).
Dia menerangkan, melalui satu tautan atau link, pengguna dapat membagikan nomor rekening, memantau, dan menerima uang masuk ke rekening tanpa khawatir salah transfer. Selain itu, dalam fitur ini pengguna dapat memantau penerimaan transfer uang melalui menu Riwayat Transaksi Minta Uang.
Alur menggunakan fitur ini, dari menu utama, klik menu ‘Minta’, kemudian klik ‘Tambah Rekeningmu’ dan pilih bank yang digunakan untuk menerima uang. Pastikan nomor rekening sesuai, kemudian ‘Simpan Rekening’. Pengguna bisa memilih tautan yang diinginkan, kemudian salin tautan untuk dibagikan ke pengguna Flip lainnya.
Pengguna yang menerima tautan tersebut dapat langsung memasukkan nominal uang yang hendak ditransfer tanpa perlu memasukkan nomor rekening lagi. Uang akan langsung masuk ke rekening pengguna apabila sudah melakukan transfer.
Fitur Minta Uang juga memudahkan pengguna Flip untuk mengelola dan memantau riwayat penerimaan uang sehingga pengguna tidak perlu khawatir terhadap kesalahan transfer.
“Diharapkan fitur Minta Uang ini dapat membuat proses transfer yang lebih efisien bagi para pengguna Flip. Dengan lisensi dari Bank Indonesia, Flip senantiasa melakukan inovasi dan inisiatif demi menciptakan jasa pembayaran berbasis teknologi yang nyaman, mudah, dan aman bagi masyarakat Indonesia,” kata Sourabh.
Head of Marketing Flip Andri Rahmad Wijaya menambahkan, hadirnya fitur Minta Uang ini relevan dengan berbagai gaya hidup masyarakat dalam melakukan transaksi uang sehari-hari. Misalnya, untuk mengumpulkan uang arisan, donasi, patungan, dan tagihan setelah makan bersama.
“Bersosialisasi merupakan gaya hidup yang melekat pada masyarakat Indonesia. Tak jarang, di dalam sosialisasi tersebut dibutuhkan berbagai transaksi keuangan, misalnya arisan, pengumpulan donasi, dan lain-lain. Fitur Minta Uang ini dapat memudahkan pengumpulan uang, hanya dengan membagikan satu link kepada kelompok sosial sesama pengguna Flip,” kata Andri.
Pada paruh pertama ini, pengguna individu Flip tembus ke angka 10 juta orang. Jumlah pengguna individu ini meningkat jika dibandingkan dengan semester II tahun 2021, yakni lebih dari 7 juta pengguna. Meski tidak dirinci lebih spesifik, solusi transfer antarbank dan top-up e-wallet tanpa biaya admin milik Flip diklaim telah membantu para pengguna berhemat hingga ratusan miliar Rupiah.
STEVY WIDIA
Discussion about this post