Forum Smart City 2016 Siap Digelar Di Surabaya

Pantai Kenjeran Surabaya Timur sebagai kawasan digital pesisir pantai.(foto : surabaya.blogspot.com)

youngster.id - Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah Perhelatan Forum Smart City Ke-2. Acara tersebut akan bertajuk Smart Indonesia Initiatives Forum pada 20-21 Juli 2016.

Ketua Forum Smart City Indonesia Suhono Harso Supangkat mengatakan alasan memilih Surabaya untuk ajang bergengsi tersebut karena kota ini menjadi salah satu pionir pembangunan digitalisasi daerah melalui proses bisnis yang lebih efisien dan efektif.

“Banyak penghargaan telah diterima oleh Surabaya karena prestasinya. Pada 2015, Surabaya menerima penghargàan Indeks Kota Cerdas Indonesia dengan nilai tertinggi untuk kota dengan penduduk lebih besar dari 1 juta jiwa,” jelas Suhono dalam siaran pers belum lama ini.

Dia menjelaskan forum tahunan ini adalah suatu ajang diskusi, pertukaraan pengalaman dalam membangun Kota Cerdas baik dari kalangan pemerintahan, universitas, industri maupun komunitas.

Forum ini juga mengundang makalah melalui call for papers yang dibuka hingga akhir bulan ini melalui https://eii-forum.or.id . Dalam rangkaian ini juga dilakukan forum prakarsa e-Indonesia yang telah dilakukan ke-12 dan yang melahirkan forum prakarsa Kota maupun Kabupaten cerdas.

Menurutnya, forum Smart City lumayan efektif dalam meningkatkan kesadaran membangun smart city baik regulasi , kerja sama antar kota/kabupaten, desa, provinsi maupun pemerintah pusat sehingga terjadi efisiensi dan kandungan lokal yang maksimal.

“Kita ingin tingkatkan lagil evel dari awareness dengan mengundang pembicara dari luar negeri, termasuk Senseable City MIT, agar bisa melihat best practice,” katanya.

Dia juga mengklaim pihaknya mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyelenggarakan ajang ini. “Beliau berjanji membantu semaksimal mungkin acara ini berjalan sukses nanti. Selain itu, Risma juga akan menjamu para tamu nanti melalui Welcome Dinner pada 20 juli 2016 di Balai Kota. Sejumlah wai kota dan bupati juga akan hadir nantinya di ajang ini,” ucapnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version