FTG Unpad Jadi Penyaji Terbaik Di Konferensi Geosains Malaysia

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Sedimentologi Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Foto: Unpad/youngster.id)

youngster.id - Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Sedimentologi Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Anisa Ulfatu, terpilih sebagai salah seorang Best Presenter pada International Conference on Geosciences (ICG) 2018, di Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Anisa terpilih meraih penghargaan tersebut atas penelitiannya berjudul “Foraminifera Biostratigraphy and Paleoenvironment of the Halang Formation in the Pasir River Succession, Banyumas, Central Java (Palentology)”.

Menurut Anisa, dia menyajikan penelitian tentang penentuan umur batuan dilihat dari fosilnya, juga lingkungan keterdapatan si batuan tersebut.

“Awalnya kaget juga karena dari awal tidak tahu dan mengharapkan adanya penghargaan ini. Tapi Alhamdulillah, mudah-mudahan jadi motivasi kedepannya,” ujar Anisa dilansir laman Unpad (3/1/2019).

Dari penelitian tersebut, Anisa dan tim berupaya untuk mengetahui umur batuan dan perkiraan kondisi lingkungan saat pembentukan batuan tersebut. Batuan diambil dari Kali Pasir, Banyumas, yang termasuk dalam Formasi Halang.

Diharapkan Anisa, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan peneltian foraminifera biostratigraphy dan paleoenvironment, khususnya pada Formasi Halang.
Acara tersebut digelar atas kerja sama Fakulti Sains dan Sumber Alam Universiti Malaysia Sabah dengan Fakultas Teknik Geologi Unpad, dan diikuti oleh sejumlah akademisi dan praktisi dari Indonesia dan Malaysia. Tema yang diangkat yaitu “Earth Science for Sustainable Environment”.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 40 pemakalah terpilih untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Pada acara tersebut, bertindak sebagai pembicara kunci Guru Besar UMS Prof. Dr. Shariff A. K. Omang dan Guru Besar FTG Unpad Prof. Dr. Mega Fatimah Rosana.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version