youngster.id - Sebagai upaya mendorong perkembangan UMKM melalui kegiatan ekspor, BCA menggandeng digital platform dan komunitas bagi eksportir muda Bisa Ekspor untuk memberikan kesempatan kepada para eksportir binaan guna memanfaatkan pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditawarkan oleh BCA.
“Program KUR akan kami berikan bagi semua sektor UMKM sebagai upaya BCA mendukung pertumbuhan ekspor produk lokal. Kami percaya bahwa dengan memfasilitasi para eksportir binaan dalam memperoleh pembiayaan, kami dapat membantu mereka untuk bersaing dan menembus pasar global,” kata Tjoeng Haryanto, SVP Business Commercial & SME BCA, Selasa (31/10/2023).
Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekspor produk-produk unggulan Indonesia, BCA menawarkan pinjaman hingga Rp500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6% efektif per tahun. Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para eksportir binaan dapat mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.
“Tahun demi tahun, eksportir kita semakin berpengalaman dan saat ini mereka memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnisnya hingga kancah global. Dukungan dari BCA dalam hal akses ke pembiayaan menjadi menjadi salah satu pendorong utama kesuksesan mereka,” kata Julio Ekspor, Direktur Utama PT Indonesia Bisa Eskpor.
Salah satu keunggulan utama dari program KUR BCA adalah proses yang cepat dan mudah, ditambah lagi BCA bekerja sama dengan lembaga channeling, yaitu KlikA2C. Hal ini memungkinkan para eksportir untuk mengajukan pembiayaan dengan lebih efisien dan praktis, membantu mereka fokus pada upaya ekspansi bisnis mereka.
Menurut Tjoeng, BCA memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung pengembangan produk-produk lokal serta pertumbuhan ekspor nasional. Kerja sama dengan Bisa Ekspor adalah langkah awal untuk memberikan dampak positif yang lebih besar bagi eksportir dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Dengan cara ini, BCA berupaya memajukan bisnis nasional serta menunjukkan dukungan kepada ekonomi Indonesia.
“Kami optimis para eksportir binaan dapat bersaing di pasar global. Kami akan terus berkomitmen mendukung mereka memasarkan produk-produk unggulan Indonesia secara internasional. Dengan upaya kolaboratif ini, diharapkan industri ekspor Indonesia akan semakin berkembang dan berkontribusi pada pengembangan potensi ekspor Indonesia di tingkat global,” tutup Tjoeng.
Sebagai informasi, BCA telah berperan aktif dalam mendukung UMKM dengan mengadakan berbagai inisiatif, termasuk pelatihan perdagangan ekspor yang diikuti oleh 60 peserta UMKM di Yogyakarta dan Semarang. Selain itu, BCA telah sukses menyelenggarakan BCA UMKM Fest sejak tahun 2021 dengan partisipasi sekitar 1.400 UMKM yang mempromosikan produk-produk unggulan mereka.
STEVY WIDIA