Gangguan Satelit Telkom 1 Pada ATM Mulai Berkurang

Replika satelit Telkom 3S. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - Gangguan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sejumlah perbankan akibat transporder satelit Telkom sudah mulai berkurang.

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, gangguan tersebut mengakibatkan pergeseran pointing antena.

“Bahwa pada hari Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu,” kata Arif dalam keterangan pers, Minggu (27/8/2017).

Kendati begitu, lanjut Arif, tidak semua klien atau pengguna layanan satelit Telkom 1 mengalami gangguan berarti, sebagaimana terjadi pada Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Tanah Air.

Selain itu, secara simultan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

“Proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada hari ini juga hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke satelit lain, layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal,” jelasnya.

Terbaru, PT Bank Mandiri memastikan gangguan satelit Telkom 1 tidak berdampak pada transaksi dan layanan ATM miliknya. Terlebih, unit ATM yang menggunakan jasa satelit ini berlokasi di daerah-daerah terpencil dan terluar.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, Mandiri memang merupakan salah satu pengguna satelit tersebut untuk ATM-nya. Namun, dari 17 ribu unit ATM yang dimiliki Mandiri, hanya 14% saja yang menggunakan satelit Telkom 1 ini.

‎”Satelit Telkom 1 mengalami gangguan dan Mandiri adalah salah satu pengguna itu untuk ATM-ATM. Mandiri memiliki 17 ribu ATM, dari jumlah itu yang menggunakan Telkom sekitar 2.000 ATM, berarti sekitar 13 – 14% dari total ATM. Jadi mudah-mudahan tidak terlalu mengganggu,” ujar Rohan, seperti dikutip Liputan6.com.

Dia mengungkapkan, dari 2.000 ATM‎ tersebut, rata-rata berada di wilayah terpencil dan terluar. Sedangkan di kota-kota besar tidak menggunakan layanan satelit tersebut.

“Yang menggunakan Telkom 1 ini ATM di daerah yang agak remote, kalau dia ada parabolanya namanya VSAT (Very Small Aperture Terminal), itu yang terkena dan rata-rata itu di daerah agak remote, agak luar. Kalau di kota-kota besar pakai jaringan broadband,” lanjut dia.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version