youngster.id - Untuk ketiga kalinya Garuda Indonesia menggelar Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF). Kegiatan yang bekerjasama dengan PT Bank HSBC Indonesia menyasar para para milenial yang miliki gaya hidup digutal.
Belakangan ini ramai dibicarakan tentang perubahan tren dari berbelanja barang konsumtif ke tren leasure. Artinya, semakin banyak orang terutama kaum milenial menghabiskan uang untuk bepergian dan berwisata daripada belanja di mall. Tak heran jika industri pariwisata mengalami kenaikan yang signifikan dan menjadi lokomotif devisa.
Judi Rifajantoro Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata mengatakan, pertumbuhan pariwisata di Indonesia mencapai 26,68% masuk top 20 Fastest Growing Travel Destination in the World. Peluang ini yang ingin terus ditingkatkan, salah satunya dengan promosi digital.
“Trn wisata dunia kini mulai berali ke digital platform karena dirasa lebih mudah, cepat dan personal. Data menunjukan bahwa 70% melakukan search and share melalui media digital. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri pariwisata untuk memenuhi kebutuhan ini. Pelaksanaan GOTF merupakan langkah yang tepat untuk menjadi salah satu solusi untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam era digitalisasi ini,” kata Judi saat menghadiri peluncuran GOTF fase 3, Senin (20/11/2017) di Hard Rock Café, Jakarta.
Ia berharap, lewat kegiatan ini pertumbuhan kunjungan wisatawan ke lokasi pariwisata Indonesia terus meningkat sehingga bisa mencapai target baru dari pemerintah. Yaitu sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara dan untuk wisatawan nusantara sebanyak 275 juta perjalanan pada 2019.
Sementara itu Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati mengatakan bahwa pelaksanaan GOTF phase 3 ini merupakan salah satu bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk mencapai target kunjungan wisata. “GOTF phase 3 ini juga kami laksanakan di kantor- kantor perwakilan kami di luar negeri. Kami juga telah menyiapkan 6 destinasi domestik unggulan yaitu Belitung, Denpasar, Jogjakarta, Labuan Bajo, Sorong dan Manado,” kata Nina.
Menurut Nina, transaksi digital terutama dalam pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online terus meningkat dari tahun ke tahun. “Kedepannya Garuda Indonesia akan mengedepankan pangsa pasarnya melalui penjualan secara digital. Sasaran kami salah satunya adalah geneasi milieal yang memiliki aktivias traveling yang tinggi namunmenuntut kemudahan dalam mengakses tiket perjalanan,“ ungkapnya.
Karena itu, Nina menegaskan pada pelaksanaan GOTF 3 ini Garuda Indonesia menargetkan pendapatan sebesar Rp. 175 miliar, 2 juta pengunjung website dan 50.000 pengunduh baru mobile app Garuda Indonesia.
Untuk itu Garudan Indonesia menggandeng PT Bank HSBC Indonesia yang memiliki jaringan nasional dan internasinal. “Kami bangga bisa bekerja sama dalam GOTF fase 3. Dengan jaringan kami yang luas baik secara global maupun lokal, kami percaya kami adalah mitra yang tepat bagi GOTF terutama untuk membawa destinasi Indonesia untuk lebih dikenal oleh masyarakat global,” ungkap Blake Hellam, Direktur Retail Banking and Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia.
Sementara Dewi Tuegeh Head of Customer Value Manajemen menambahkan, tren transaksi pembelian tiket pesawat secara online di masyarakat terus meningkat. Hal itu memotivasi bank HSBC untuk dapat mengakomodir preferensi masyarakat tersebut.
Bank HSBC sangat mendukung kemitraan ini dengan mengombinasikan jaringan lobal yang luas dengan program Home and Away. Program ini menawarkan keuntungan bagi nasabah kartu kredit HSBC secara global untuk dinikmati di berbagai outlet di dunia.
Bank HSBC juga mempromosikan GOTF ini di website HSBC di HongKong, China, Malaysia, Singapura dan Inggris sehingga nasabah Bank HSBC di negara-negara itu juga bisa menikmati GOTF dan keindahan yang ditawarkan Indonesia.
GOTF ini berlangsung 21-30 November 2017 untuk periode penerbangan hingga 12 bulan kedepan. Di samping itu, khusus bagi pelanggan setia Garuda Indonesia yang juga merupakan nasabah kartu kredit HSBC, selama event GOTF akan mendapatkan penawaran lebih menarik melalui program Happy Hour yaitu tambahan diskon mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.500.000, cicilan 0% 3 dan 6 bulan travel inconvenience insurance hingga Rp. 80 juta, gratis medical insurance hinggaRp. 500 juta, dan gratis travel insurance hingga Rp. 10 milliar.
STEVY WIDIA
Discussion about this post